PENERAPAN MATHEMATICS MOTIVATED LEARNING MODEL ARCS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG SISWA KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di SMA N 1 Karanganyar)

HAPSARI, WIRANI DWI (2015) PENERAPAN MATHEMATICS MOTIVATED LEARNING MODEL ARCS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG SISWA KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di SMA N 1 Karanganyar). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (954Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Mathematics Motivated Learning model ARCS dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa, serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan strategi Mathematics Motivated Learning model ARCS yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganyar. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data motivasi belajar dan data pemahaman konsep siswa. Data motivasi belajar diperoleh dari hasil angket dan hasil observasi, sedangkan untuk data pemahaman konsep siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah setidaknya 60% siswa telah mencapai kategori motivasi cukup tinggi dan 60% siswa telah mencapai level skor pemahaman 3. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Hasil pra siklus menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa untuk kategori cukup tinggi baru mencapai persentase 18%, dan pemahaman konsep untuk level skor pemahaman 3 baru mencapai persentase 14,71%. Selanjutnya motivasi belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 26,47% untuk kategori cukup tinggi dan pemahaman konsep meningkat menjadi 47,06% untuk level skor pemahaman 3. Kemudian pada siklus II motivasi belajar siswa kembali meningkat menjadi 82,35% dan pemahaman konsep juga meningkat menjadi 67,65%. Apabila dibandingkan hasil kedua siklus, motivasi belajar siswa pada kategori cukup tinggi dapat meningkat sebesar 55,88%. Untuk pamahaman konsep siswa pada level skor pemahaman 3 meningkat sebesar 20,59%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa langkah pembelajaran dengan strategi Mathematics Motivated Learning model ARCS yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa adalah: 1) Kegiatan awal: a) Guru mengkondisikan siswa siap belajar dan memberikan motivasi kepada siswa agar aktif dalam proses pembelajaran (Attention). b) Guru mengingatkan kembali kepada siswa berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa sehingga terjadi tanya jawab (Attention). 2) Kegiatan inti: a) Guru menyampaikan materi yang sekiranya diperlukan oleh siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada LKK. Dalam menjelaskan materi, guru mengaitkan penjelasan dengan contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari (Attention dan Relevance). b) Guru membagi siswa dalam kelompok dan membagikan LKK kepada masing-masing kelompok. LKK berisi permasalahan yang harus didiskusikan siswa bersama kelompoknya (Confidence). c) Guru meminta siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk membahas permasalahan yang ada di LKK. Ketika berdiskusi masing-masing siswa menyampaikan idenya, sehingga siswa terlatih untuk mengevaluasi ide yang telah dituliskannya, berpendapat, bertanya dan menyampaikan idenya kepada orang lain (Confidence). Siswa yang aktif dalam diskusi akan mendapatkan reward (Satisfaction). Hasil diskusi ditulis di lembar yang tersedia. d) Guru meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (Confidence). Kelompok maju secara bergantian. Kelompok yang berani mempresentasikan menggunakan kalimat sendiri akan mendapatkan reward (Satisfaction). e) Guru mengklarifikasi hasil diskusi yang telah dipresentasikan dan memastikan semua siswa memahaminya (Satisfaction). f) Guru meminta semua siswa mengumpulkan LKK yang sudah mereka kerjakan. 3) Penutup: a) Guru bersama-sama siswa menyimpulkan pelajaran yang didapat pada hari itu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa. b) Guru memberikan kuis individu kepada siswa berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari pada hari itu dan meminta agar siswa mengerjakan secara individu (Confidence). c) Setelah siswa selesai mengerjakan kuis individu, lembar jawab siswa dikumpulkan dan guru membahas kuis individu tersebut di depan kelas dan memberikan koreksi tentang jawaban siswa. d) Guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang. Kata kunci: model ARCS, motivasi belajar, pemahaman konsep

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:26
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20985

    Actions (login required)

    View Item