RASIONALITAS TINDAKAN WISATAWAN WISATA ZIARAH (Studi Fenomenologi Terhadap Wisatawan Di Kawasan Wisata Ziarah Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang)

Biroli, Alfan (2014) RASIONALITAS TINDAKAN WISATAWAN WISATA ZIARAH (Studi Fenomenologi Terhadap Wisatawan Di Kawasan Wisata Ziarah Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (83Kb) | Preview

    Abstract

    Wisata ziarah adalah wisata religi atau sering disebut juga sebagai wisata pilgrim. Wisata ziarah dilakukan sebagai wujud dari tindakan yang dilakukan oleh para pengunjung atau wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis wisatawan, pengetahuan wisatawan tentang wisata ziarah, faktor pendorong dan penarik wisatawan melakukan wisata ziarah, dan tindakan rasionalitas wisatawan dalam wisata ziarah. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis adalah tindakan sosial menurut Max Weber dan tipe rasionalitas menurut Stephen Kalberg. Penelitian ini dilakukan pada kawasan wisata ziarah di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan strategi fenomenologi. Teknik sampling menggunakan accidental sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung dan melakukan wawancara mendalam. Validitas data meggunakan teknik trianggulasi dan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis wisatawan ziarah terbagi ke dalam dua tipe yaitu wisatawan existensial dan wisatawan recreational. Pengetahuan wisatawan tentang wisata ziarah dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu modern pilgrimage (ziarah modern) dan search for pleasure (mencari kesenangan). Faktor pendorong dan penarik wisatawan melakukan wisata ziarah yaitu terdiri dari faktor pendorong dan penarik ziarah modern dan mencari kesenangan. Ziarah modern, faktor pendorong adalah self fulfillment dan faktor penarik adalah culture. Mencari kesenangan, faktor pendorong adalah social interaction, educational opportunity, leisure activity dan faktor penarik adalah location climate. Tindakan dan rasionalitas wisatawan dalam wisata ziarah yaitu terdapat beberapa tindakan yang dijalankan bersumber pada unsur tradisi, masa sekarang, nilai-nilai dalam keyakinan hidup, serta kondisi psikologis yang mempengaruhi seseorang ketika melakukan tindakan wisata ziarah, baik yang melakukan tindakan ziarah atau tidak berziarah. Wisatawan yang telah melakukan tindakan sosial dalam wisata ziarah, maka akan terlihat rasionalitas dan terkandung makna pada pengunjung yang melakukan berbagai aktivitas dalam wisata ziarah. Rasionalitas yang ada pada wisatawan wisata ziarah meliputi rasionalitas praktis, rasionalitas teoretis, dan rasionalitas substantif. Kata Kunci : Wisata ziarah, Wisatawan, Rasionalitas.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:14
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20983

    Actions (login required)

    View Item