PENGEMBANGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ADMINI, WINDI (2015) PENGEMBANGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JATISRONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (569Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan awal dari studi pendahuluan mengenai kepercayaan diri yang dimiliki siswa, mengembangkan bahan panduan intervensi teknik brainstorming, mengetahui tingkat kelayakan panduan intervensi teknik brainstorming, mengetahui efektivitas penggunaan brainstorming untuk meningkatkan kepercayaan diri. Penelitian ini merupakan penelitian R and D (Research and Development), dengan metode eksperimen one group pretest-posttest design dalam pengujian efektivitasnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data sebelum dan sesudah intervensi dilakukan menggunakan instrumen angket. Validitas instrumen dilakukan dengan dua cara yaitu melalui expert judgement untuk menguji konsep teori teknik brainstorming beserta instrumen pengukurannya, dan uji validitas empirik untuk menguji efektivitas perlakuan. Hasil penelitian yang bersifat empirik dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum gambaran kepercayaan diri siswa SMA Negeri 1 Jatisrono berada pada kategori sedang. Panduan teknik brainstorming dapat dikatakan layak karena telah mendapatkan penilaian baik dari para ahli dan praktisi, sehingga panduan tersebut menjadi produk dari penelitian ini. Hasil intervensi melalui analisis statistik menghasilkan ttabel 2,045 dan thitung sebesar 8,761 dengan signifikansi 0,000. Karena thitung > ttabel yaitu 8,761 > 2,045 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang membuktikan peningkatan kepercayaan diri subjek penelitian sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Terbukti dengan peningkatan nilai mean 110,70 sebelum intervensi menjadi 114,57 setelah intervensi. Maka disimpulkan teknik brainstorming efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Teknik Brainstorming, Kepercayaan Diri

    Item Type: Other
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 07 Oct 2015 10:13
    Last Modified: 07 Oct 2015 10:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20980

    Actions (login required)

    View Item