PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER, LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA PPMI ASSALAAM SUKOHARJO

Kurniawan, Akbar (2014) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER, LINGKUNGAN BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA PPMI ASSALAAM SUKOHARJO. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (587Kb) | Preview

    Abstract

    Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh secara simultan antara kegiatan ekstrakurikuler lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. (2) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. (3) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. (4) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Sampel dalam penelitian ini kelas X dan XI IPS Madrasah Aliyah berjumlah 63 siswa yang diambil secara acak. teknik pengambilan data dengan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler, lingkungan belajar, dan disiplin belajar dengan F hitung 20,509 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 terdapat pengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. t hitung untuk variabel kegiatan ektrakurikuler sebesar 3,80 lebih besar dari t tabel sebesar 1,67. Nilai t hitung untuk variabel lingkungan belajar sebesar 3,593 lebih besar dari harga t tabel sebesar 1,67. Nilai t hitung untuk variabel disiplin belajar sebesar 3,969 lebih besar dari t tabel sebesar 1,67. Dapat disimpulkan kegiatan ekstrakurikuler, lingkungan belajar dan disiplin belajar ada pengaruh yang signifikan dengan prestasi belajar siswa. Mengacu pada hasil penelitian maka disarankan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dapat mengatur waktu belajarnya dengan baik dengan menciptakan lingkungan yang kondusif dan meningkatkan disiplin belajar terutama menepati jadwal belajar yang telah disusun agar dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci : ekstrakurikuler, lingkungan belajar, disiplin belajar, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 09:19
    Last Modified: 07 Oct 2015 09:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20963

    Actions (login required)

    View Item