PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI IKATAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014.

Wardhani, Aisah Ika (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP DAN PETA PIKIRAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI IKATAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1241Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya (1) perbedaan prestasi belajar kognitif siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan strategi peta konsep dan peta pikiran pada materi ikatan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 dan (2) perbedaan prestasi belajar afektif siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan strategi peta konsep dan peta pikiran pada materi ikatan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Rancangan yang digunakan adalah Randomized Pretest Posttest Comparison Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-3 dan kelas XI IPA-4 di SMA Negeri 1 Karanganyar yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan metode tes, sedangkan prestasi belajar afektif siswa menggunakan angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-dua arah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif siswa antara model TPS (Think Pair Share) menggunakan strategi peta konsep dan peta pikiran pada materi ikatan kimia. Hal ini terlihat dari selisih nilai pretest-posttest kognitif sebesar 59,51 untuk kelas eksperimen I dan 54,24 untuk kelas eksperimen II. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-dua arah dengan taraf signifikansi 5% dengan hasil uji t-dua arah untuk prestasi belajar kognitif diperoleh thitung = 2,05 > ttabel = 2,00 (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar afektif siswa antara model TPS (Think Pair Share) menggunakan strategi peta konsep dan peta pikiran pada materi ikatan kimia. Hal ini terlihat dari nilai posttest afektif sebesar 153,42 untuk kelas eksperimen I dan 147,75 untuk kelas eksperimen II. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-dua arah dengan taraf signifikansi 5% dengan hasil uji t-dua arah untuk prestasi belajar afektif diperoleh thitung = 3,08 > ttabel = 2,00. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Peta Konsep, Peta Pikiran, Prestasi Belajar, Ikatan Kimia

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 08:43
    Last Modified: 07 Oct 2015 08:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20952

    Actions (login required)

    View Item