PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN PRACIMANTORO WONOGIRI TAHUN 2013

Wibowo, Ahmad Sri (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURE TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS V SD SE-KECAMATAN PRACIMANTORO WONOGIRI TAHUN 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (393Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan menghitung luas bangun datar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ASSURE dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung bagi siswa kelas V SD se-Kecamatan Pracimantoro Wonogiri tahun 2013. Bentuk penelitian ini Quasy Experimental Research (Penelitian Eksperimental Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD se-Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri tahun pelajaran 2012/ 2013 dengan jumlah siswa sebanyak 1.043 dari 51 SD, dan besarnya sampel yang diambil adalah dua kelompok siswa kelas V SDN yaitu kelompok eksperimen siswa kelas V SD Negeri I Tubokarto sebanyak 16 siswa dan kelompok kontrol siswa kelas V SD Negeri II Joho berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik Cluster Random Sampling. Analisis data yang digunakan dengan uji t-test yang sebelumnya diuji dengan uji normalitas, homogenitas dan uji keseimbangan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menghitung luas bangun datar antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ASSURE dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V Semester II SD Negeri se kecamatan Pracimantoro Tahun Ajaran 2012/2013, dan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran dengan Assure lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis dengan uji t bahwa nilai thitung adalah 2,20 > ttabel yaitu 1,70. Berdasarkan simpulan, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa agar kemampuan menghitung pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ASSURE lebih baik daripada pemahaman konsep pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dapat dilakukan dengan menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Assure sehingga pemahaman konsep siswa lebih baik. Kata Kunci : Pembelajaran Assure, Pembelajaran langsung, Kemampuan menghitung luas bangun datar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 08:36
    Last Modified: 07 Oct 2015 08:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20950

    Actions (login required)

    View Item