Penggunaan Media E-gamelan dan Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi Nembang Macapat Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Semarang

Amil, Ahmad Jamiul (2013) Penggunaan Media E-gamelan dan Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kompetensi Nembang Macapat Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Semarang. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2032Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran nembang macapat siswa melalui penggunaan media e-gamelan dan penerapan pendekatan kontekstual; (2) meningkatkan kemampuan nembang macapat siswa melalui penggunaan media e-gamelan dan penerapan pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian dilaksanakan pada pertengahan Juli 2013 hingga akhir November 2013. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Semarang. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, kinerja siswa, kinerja guru, daftar nilai, dan catatan hasil wawancara. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media e-gamelan dan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran nembang macapat siswa ditandai meningkatnya kinerja siswa meliputi (perhatian, keaktifan, semangat dan keberanian). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan penggunaan media e-gamelan dan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan nembang macapat siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilakukan selama tiga siklus. Pada pratindakan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (75) 8 siswa atau sebesar (22%) dari jumlah siswa, dengan nilai rata-rata 70. Pada siklus I siswa tuntas meningkat menjadi 26 siswa atau sebesar (65%) dengan nilai rata-rata (75, 09). Pada siklus II ada 28 siswa (78%) yang sudah tuntas, dengan nilai rata-rata 79. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 30 Siswa (88%) dengan nilai rata-rata 81.Pada siklus III ini pencapaian nilai baik secara kualitas proses (kinerja siswa) maupun hasil telah mencapai ketuntasan yang lebih dari 80%. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran nembang macapat dengan menggunakan media e-gamelan dan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran nembang dan dapat meningkatkan kemampuan nembang macapat siswa. Kata kunci: nembang macapat, penggunaan media e-gamelan, pendekatan kontekstual

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 08:29
    Last Modified: 07 Oct 2015 08:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20949

    Actions (login required)

    View Item