PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Anggara , Ahmad Ary (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (178Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan: (1) aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, (2) prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran cooperative problem solving (CPS) disertai demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari kenaikan persentase siswa dengan kategori aktivitas tinggi pada siklus I sebesar 67,52% menjadi 84,27% pada siklus II. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek kognitif dan afektif. Pada aspek kognitif ketuntasan siswa pada siklus I 41,67% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Dari aspek afektif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persentase dari 78,91% pada siklus I dan 79,37% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pembelajaran cooperative problem solving (CPS) disertai demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo, dan (2) pembelajaran cooperative problem solving (CPS) disertai demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo. Kata kunci : penelitian tindakan kelas, cooperative problem solving (CPS), demonstrasi, aktivitas belajar, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 08:22
    Last Modified: 07 Oct 2015 08:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20948

    Actions (login required)

    View Item