KESIAPAN MAHASISWA BKK AKUNTANSI DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (STUDI KASUS PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA BKK AKUNTANSI PRODI EKONOMI FKIP UNS

Retnowati, Agustin (2014) KESIAPAN MAHASISWA BKK AKUNTANSI DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (STUDI KASUS PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA BKK AKUNTANSI PRODI EKONOMI FKIP UNS. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (442Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan Program Pengalaman Lapangan ditinjau dari kompetensi pedagogik mahasiswa BKK Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan meng-gunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 6 responden mahasiswa BKK Akuntansi 2010 yang berasal dari kelompok micro teaching A1, A2, A3, B1, B2, dan B3. Sumber data berasal dari responden, dosen pengampu perkuliahan micro teaching, guru pamong SMA/SMK, Unit PPL, mahasiswa Prodi Kimia, dan mahasiswa Prodi Fisika. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, analisis arsip dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap pra lapangan, tahap lapangan, tahap analisis data, dan tahap penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa BKK Akun-tansi dalam melaksanakan Program Pengalaman Lapangan masih rendah. 1 maha-siswa dinyatakan Tidak Siap, 2 mahasiswa dinyatakan Kurang Siap, dan 3 maha-siswa dinyatakan Siap. Indikator utama pengukuran kesiapan adalah pelaksanaan perkuliahan micro teaching. Perkuliahan ini berperan dalam pembentukan kom-petensi pedagogik mahasiswa dalam mengajar sekaligus pembentukan mental ke-siapan mahasiswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan 50% mahasiswa BKK Akuntansi belum siap melaksanakan Program Pengalaman Lapangan dengan perincian 17% tidak siap dan 33% kurang siap. Sementara itu 50% mahasiswa BKK Akuntansi dapat dinyatakan siap melaksanakan Program Pengalaman Lapangan. Kata kunci: kompetensi pedagogik, micro teaching, kesiapan mahasiswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 08:17
    Last Modified: 07 Oct 2015 08:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20946

    Actions (login required)

    View Item