Transformasi Sosial-Ekologi Masyarakat Lokal Solo Baru Sebagai Dampak Pengembangan Wilayah Kawasan Solo Baru (Study Deskriptif Kualitatif Tentang Transformasi Sosial Dan Lingkungan Masyarakat Dukuh Madegondo Desa Madegondo Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Sebagai Dampak Pengembangan Kawasan Solo Baru)

Purwanto, Agus (2013) Transformasi Sosial-Ekologi Masyarakat Lokal Solo Baru Sebagai Dampak Pengembangan Wilayah Kawasan Solo Baru (Study Deskriptif Kualitatif Tentang Transformasi Sosial Dan Lingkungan Masyarakat Dukuh Madegondo Desa Madegondo Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Sebagai Dampak Pengembangan Kawasan Solo Baru). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (593Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan laju pengembangan pembangunan wilayah kawasan Solo Baru beserta dampak sosial-ekologi yang diakibatkan oleh adanya pengembangan pembangunan wilayah kawasan Solo Baru terhadap masyarakat (penduduk asli) dan lingkungan sekitarnya, khususnya masyarakat Madegondo beserta lingkungannya. Mengacu pada tujuan penelitian tersebut maka bentuk penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif. Kualitatif merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisa, yaitu apa yang dinyatakan secara tertulis atau lisan dan juga perilaku yang nyata yang diteliti dan dipelajari sebagai suasana yang utuh. Sehingga kemudian dapat tergambarkan dengan uraian kata – kata dan penjelasan mengenai suatu keadaan dan permasalahan yang ada. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Madegondo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo yang merupakan salah satu desa yang dipilih dalam penelitian ini karena dinilai paling banyak masyarakat atau penduduk aslinya yang sejak dahulu sudah tinggal di sana, sebelum adanya pembangunan kawasan Solo Baru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan model analisis diskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan kawasan Solo Baru yang terus semakin berkembang memang telah membawa perubahan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Baik dari segi sosial, perekonomian maupun keadaan lingkungannya. Pembangunan yang bermula sebagai kawasan perumahan kini memang telah berkembang menjadi sebuah kawasan kota satelit dengan berbagai fasilitas lengkap di dalamnya. Hal tersebut telah menciptakan berbagai perubahan pola kehidupan dan lingkungan masyarakat sekitar baik positif maupun negatif, khususnya masyarakat asli yang memang harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada sekarang di lingkungannya yang telah berubah karena adanya pembangunan. meski banyak hambatan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, namun pembangunan kawasan Solo Baru ini dapat dikatakan sudah cukup berimbang, namun juga masih perlu beberapa pembenahan untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan yang mantap. Kata Kunci : Transformasi Sosial-Ekologi Masyarakat Lokal, Pengembangan Pembangunan Kawasan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 07 Oct 2015 07:47
    Last Modified: 07 Oct 2015 07:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20935

    Actions (login required)

    View Item