PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014

Nuprihastuti, Sarwinda Janu (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (88Kb) | Preview

    Abstract

    Sarwinda Janu Nurprihastuti. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni. 2014. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Mengaplikasikan Keterampilan dasar Komunikasi pada kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Wikarya Karanganyar Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X AP SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan guru mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan dasar Komunikasi, peneliti dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif sederhana (analisis statistik deskriptif) dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pada siklus pertama dan siklus kedua dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quiz Team dalam mata pelajaran Mengaplikasikan Keterampilan dasar Komunikasi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Wikarya. Peningkatan keaktifan siswa dilihat dari rata-rata persentase lima aspek yang diamati yaitu (1) memperhatikan penyampaian materi, (2) partisipasi dalam memberikan pertanyaan dalam diskusi kelas, (3) keaktifan siswa menjawab pertanyaan dalam diskusi kelas, (4) bekerjasama dengan kelompok kooperatif, dan (5) mendengarkan uraian percakapan. Target keaktifan yang ingin dicapai adalah 75%. Keaktifan siswa pada siklus I dari lima aspek yang diamati, terdapat rata-rata sejumlah 65,25%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,17%.. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Target yang ingin dicapai yaitu 80%. Pada Prasiklus sebanyak 15 siswa dengan persentase 44,12%. Setelah adanya tindakan, mengalami peningkatan pada siklus I sebanyak 23 siswa dengan persentase 67,65% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 28 siswa dengan persentase 82,35%. Kata kunci: Keaktifan, Hasil belajar, Quiz Team

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 07 Oct 2015 01:28
    Last Modified: 07 Oct 2015 01:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20907

    Actions (login required)

    View Item