KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di RSUD Kabupaten Karanganyar)

SAPUTRA , PRAYUDA CAHYO (2014) KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN KESEHATAN (Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) di RSUD Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (783Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi atas survei yang dilakukan oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) menunjukkan bahwa masih ada keluhan oleh masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit baik itu milik pemerintah maupun swasta. Keluhan tersebut terkait pelayanan administrasi, pelayanan dokter, dan pelayanan perawat serta petugas rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasaan pasien rawat jalan dengan JAMKESMAS di RSUD Kabupaten Karanganyar dan untuk mengetahui sikap dan persepsi pengguna Jamkesmas terhadap pelayanan JAMKESMAS di RSUD Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan telaah dokumen. Penelitian ini menggunakan Accidental Sampling dalam penentuan sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode ImportancePerformance Analysis atau Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja/Kepuasan Pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan bagi pasien rawat jalan JAMKESMAS dinilai belum memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan rata-rata skor kinerja dan harapan pada setiap indikator/atribut pelayanan. Hasil perhitungan menunjukkan secara keseluruhan rata-rata skor kinerja ( X ) lebih kecil daripada rata-rata skor harapan ( Y ) dan untuk rata-rata total skor kinerja juga menunjukkan nilai yang lebih kecil daripada rata-rata total skor harapan ( X < Y ), yaitu sebesar ( Y ) = 3,20. Analisis dari diagram kartesius menunjukkan hasil bahwa terdapat 2 pernyataan di kuadran A, 9 pernyataan di kuadran B, 6 pernyataan di kuadran C dan 2 pernyataan di kuadran D. meskipun kuadran A hanya ada 2 pernyataan yang harus selalu ditingkatkan yaitu staf pendaftaran selalu menyapa pasien yang akan mendaftar dan lokasi poliklinik tidak mudah ditemukan. Namun pernyataan yang terdapat dalam kuadran C juga perlu diperhatikan yaitu dokter tergesa-gesa dalam memberikan pengobatan kepada pasien, pasien butuh waktu lama untuk menunggu hasil dari laboratorium, jarak antara poliklinik rawat jalan dengan laboratorium mudah dijangkau, butuh waktu lama saat pasien melakukan pendaftaran, butuh waktu lama saat pasien menunggu pengobatan di poliklinik rawat jalan, banyaknya syarat yang diperlukan oleh pasien saat akan mendaftar. X ) = 2,84 dan ( Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Pasien JAMKESMAS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 07 Oct 2015 01:05
    Last Modified: 07 Oct 2015 01:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20901

    Actions (login required)

    View Item