MOTIVASI MENONTON DAN KEPUASAN PEMIRSA (Studi Korelasi Antara Motivasi Menonton dengan Kepuasaan Pemirsa Menonton Acara Talkshow Mario Teguh Golden Ways di Metro TV pada kalangan Mahasiswa Komunikasi Non Reguler Angkatan 2010 dan 2011 FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Anantaji, Satriya (2014) MOTIVASI MENONTON DAN KEPUASAN PEMIRSA (Studi Korelasi Antara Motivasi Menonton dengan Kepuasaan Pemirsa Menonton Acara Talkshow Mario Teguh Golden Ways di Metro TV pada kalangan Mahasiswa Komunikasi Non Reguler Angkatan 2010 dan 2011 FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (898Kb) | Preview

    Abstract

    Satriya Anantaji, D 1210067, MOTIVASI MENONTON DAN KEPUASAN PEMIRSA (Studi Korelasi Antara Motivasi Menonton dengan Kepuasaan Pemirsa Menonton Acara Talkshow Mario Teguh Golden Ways di Metro TV pada kalangan Mahasiswa Komunikasi Non Reguler Angkatan 2010 dan 2011 FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta). Televisi merupakan salah satu media massa yang dijadikan sarana untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi juga hiburan. Fenomena penggunaan media televisi sebagai pemenuhan kebutuhan di gambarkan menggunakan teori Uses and Gratification, dimana khalayak dianggap aktif dalam mencari informasi dan memilih media yang sesuai dengan keinginannya, sehingga memperoleh kepuasaan. Talkshow Mario teguh merupakan sebuah tayangan yang selalu mengetengahkan tentang motivasi hidup sebagai program siarannya. Mario Teguh Golden Ways yang mengudara setiap minggu malam pukul 21.00 – 22.00 wib ini merupakan konsep program talkshow yang di apresiasikan, karena tidak hanya menyuguhkan hiburan namun juga memberikan informasi motivasi kepada khalayak penonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi apa yang melatar belakangi mahasiswa Komunikasi Non Reguler dalam menonton acara Mario Teguh Golden Ways di Metro TV dan sejauh mana kepuasaan yang di peroleh dalam pemenuhan kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey menggunakan kuesioner serta pendekatan analisa data kuantitatif dengan korelasi tatajenjang Spearman. Lokasi penelitian di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan rumus Slovin yaitu sebanyak 63 mahasiswa yang digunakan sebagai sampel. dan untuk mengetahui hubungan dari variabel menggunakan rumus t test. Pengujian korelasi yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS (Statistik Product and Service Solution) versi 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan terhadap ketiga hipotesa yang ingin dibuktikan tersebut. Hal ini ditandai dengan perbandingan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikansi 95% dan nilai koefisien korelasi yang positif, yaitu hubungan antara variabel motivasi menonton dengan variabel kepuasan menonton adalah 6,044; hubungan antara variabel penggunaan media dengan variabel motivasi menonton adalah 5,184; dan hubungan antara variabel kepuasan menonton dengan variabel penggunaan media adalah 8,491. Dengan demikian berdasar perhitungan terhadap korelasi antar variabel dalam penelitian ini menyatakan hipotesis dapat diterima.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Oct 2015 23:35
    Last Modified: 06 Oct 2015 23:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20896

    Actions (login required)

    View Item