PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEAKTIFAN SISWA SMA NEGERI 1 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

, PRANOTO (2014) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEAKTIFAN SISWA SMA NEGERI 1 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (510Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya perbedaan keaktifan siswa pada penerapan model problem based learning dan Model guided discovery SMA Negeri 1 Ngawi tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Postest Only Nonequivalent group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngawi sebanyak 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Terdapat dua kelas sebagai sampel penelitian. kelas X MIPA 4 menggunakan model Problem based learning dan kelas MIPA 6 menggunakan model Guided Discovery learning. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan siswa pada penerapan model pembelajajaran Problem based Learning dengan Guided discovery learning SMA Negeri 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem Based Learning lebih tinggi nilai rata-rata keaktifan siswanya dibanding Guided discovery learning Kata kunci: Problem based learning, guided discovery learning, keaktifan siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 23:09
    Last Modified: 06 Oct 2015 23:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20893

    Actions (login required)

    View Item