EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI KELAS VIII SE-KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ARDIANZAH, FERRI (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI KELAS VIII SE-KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1088Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar siswa yang lebih baikantara yang dikenai model TAI-CTL, TAI atau pembelajaran langsung. (2) prestasi belajar siswa yang lebih baik antara siswa dengan sikap positif, netral atau negatif. (3) prestasi belajar siswa yang lebih baik pada masing-masing model, antara peserta didik dengan sikap positif, netral, atau negatif.(4) prestasi belajar siswa yang lebih baik pada masing-masing kategori sikap, antara yang dikenai model TAI-CTL, TAI atau pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimental semu dengan populasi siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumen untuk mencari data kemampuan awal, metode tes untuk mengukur prestasi belajar perbadingan dan skala dan metode angket untuk pengkategorian sikap. Pada data kemampuan awal dilakukan uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas variansi dengan metode Bartlett dan uji keseimbangan menggunakan uji F. Uji hopotesis menggunakan anava dua jalan dan uji lanjut pasca anava menggunakan teknik Scheffe. Kesimpulan hasil uji hipotesis: (1) Prestasi belajar siswa yang dikenai model TAI-CTL lebih baik dari TAI dan pembelajaran langsung, sedang model TAI lebih baik dari pembelajaran langsung. (2) Prestasi belajar siswa dengan sikap positif lebih baik dari sikap netral dan negatif, dan sikap netral lebih baik dari sikap negatif. (3). Pada pembelajaran TAI-CTL,prestasi belajar siswa pada sikap positif lebih baik dari sikap netral dan negatif, sedang pada sikap netral dan negative sama. Pada pembelajaran TAI , siswa pada sikap positif mempunyai prestasi belajar lebih baik daripada sikap netral dan negatif, siswa pada sikap netral dan negatif. Pada pembelajaran langsung, prestasi belajar siswa pada sikap positif dan netral sama, siswa pada sikap positif lebih baik dari sikap negatif, siswa pada sikap netral dan negative sama. (4). Pada sikap positif, prestasi belajar model TAI-CTL dan TAI sama, sedangkan model TAI-CTL dan TAI memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada pembelajaran langsung, pada siswa dengan sikap netral, model pembelajaran TAI-CTL, TAI, dan langsung memberikan prestasi yang sama, pada siswa dengan sikap negatif, model pembelajaranTAI-CTL, TAI, dan langsung memberikan prestasi yang sama. Kata Kunci : Team Assisted Individualization (TAI), Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran langsung, Sikap

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 06 Oct 2015 22:25
    Last Modified: 06 Oct 2015 22:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20891

    Actions (login required)

    View Item