PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNS Surakarta Kentingan Angkatan 2012)

Ratno, Fernaldi Anggadha (2013) PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA (Studi Kasus Pada Mahasiswa UNS Surakarta Kentingan Angkatan 2012). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (281Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh bauran promosi secara simultan terhadap sikap keputusan mahasiswa memilih UNS Surakarta, (2) Ada tidaknya pengaruh bauran promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih UNS Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang memilih UNS. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dan proportinate stratified random sampling. Berdasarkan penghitungan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 99,97 dan dibulatkan menjadi 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh bauran promosi terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih UNS Surakarta. Hal tersebut tercermin dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Sehubungan dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bauran promosi yang terdiri dari yang terdiri dari : periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, dan pemasaran langsung berpengaruh secara simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih UNS. (2) hasil perhitungan data untuk variabel periklanan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,032, variabel promosi penjualan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,036, variabel hubungan masyarakat memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,043, variabel penjualan perseorangan memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,026, variabel pemasaran langsung memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,009 . Oleh karena probabilitas variabel periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, pemasaran langsung lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikemukakan bahwa variabel variabel periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan, pemasaran langsung berpengaruh secara parsial terhadap keputusan mahasiswa memilih UNS. Kata kunci: bauran promosi, keputusan mahasiswa, Universitas Sebelas Maret

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 06 Oct 2015 22:15
    Last Modified: 06 Oct 2015 22:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20889

    Actions (login required)

    View Item