PENGARUH VIDEO TUTORIAL PENYETELAN CELAH KATUP ENGINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DALAM MATA PELAJARAN PRAKTIK MOTOR BAKAR DI SMK NAGARA NGAWI TAHUN AJARAN 2013/2014

Nasrudin, Muchtar (2015) PENGARUH VIDEO TUTORIAL PENYETELAN CELAH KATUP ENGINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DALAM MATA PELAJARAN PRAKTIK MOTOR BAKAR DI SMK NAGARA NGAWI TAHUN AJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (122Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muchtar Nasrudin. PENGARUH VIDEO TUTORIAL PENYETELAN CELAH KATUP ENGINE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DALAM MATA PELAJARAN PRAKTIK MOTOR BAKAR DI SMK NAGARA NGAWI TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2014. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode pembelajaran video tutorial menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dari pada metode konvensional pada mata pelajaran Praktik Motor Bakar di kelas XI TKR SMK Nagara Ngawi tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Bentuk dan strategi yang digunakan penelitian ini adalah perbandingan antara pembelajaran konvensional dengan inovasi pembelajaran Video Tutorial dimana dengan menggunakan sampel populasi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 70 siswa kelas XI program studi Teknik Kendaraan Ringan SMK Nagara Ngawi, terdiri dari 1 kelas siswa XI otomotif 1 dan 1 kelas siswa XI otomotif 2 pada pelajaran motor bakar pada tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik total sampling, dengan jumlah sampel penelitian yaitu 70 siswa Teknik Kendaraan Ringan kelas XI. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode tes uji kompetensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rerata uji t pihak kanan dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa efektifitas model pembelajaran Video tutorial penyetelan celah katup dalam meningkatkan hasil belajar siswa teknik kendaraan ringan ternyata menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan model pembelajaran yang konvensional, yakni hasil belajar kelompok eksperimen mengalami peningkatan, dan estimasi rata-rata hasil belajar 75 – 95, rata-ratanya hasil belajar kelompok eksperimen 85,69. Hasil perhitungan perbedaan rata-rata diperoleh nilai t hitung = 84,024> t table = 2,03. Sedangkan kelompok control juga mengalami peningkatan, estimasi rata-ratanya 60-80, rata-rata hasil belajar kelompok kontrol 66,66. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Video tutorial penyetelan celah katup lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model konvensional.. Simpulan penelitian ini adalah bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran Video tutorial penyetelan celah katup lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran Video tutorial penyetelan celah katup ternyata hasil belajarnya lebih besar yaitu 85,69 sedangkan dengan metode konvensional diperoleh hasil belajar sebesar 66,66. Ini bearti dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Video tutorial penyetelan celah katup lebih efektif karena video merangsang ketertarikan siswa, sehingga siswa lebih aktif. Kata kunci: video tutorial, penyetelan katup, hasil belajar

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 06 Oct 2015 22:00
    Last Modified: 06 Oct 2015 22:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20884

    Actions (login required)

    View Item