PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI REGULASI EMOSI DAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF STM YUDYA KARYA MAGELANG

Feriyal, Fera (2014) PERILAKU BULLYING DITINJAU DARI REGULASI EMOSI DAN SELF-ESTEEM PADA SISWA KELAS XI JURUSAN OTOMOTIF STM YUDYA KARYA MAGELANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    Perilaku bullying telah dikenal sebagai masalah sosial yang ditemukan di kalangan anak-anak sekolah sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja. Perilaku bullying dapat terbentuk dari kesulitan remaja mengendalikan emosinya yang cenderung bergejolak dan kecenderungan self-esteem yang dimiliki oleh remaja. Regulasi emosi merupakan usaha individu untuk menghentikan atau mengatur emosi yang muncul sebelum melakukan aksi dalam peristiwa-peristiwa tertentu. Self-esteem merupakan cara pandang individu terhadap dirinya sendiri, yang akan tercermin dalam setiap tindakannya di kehidupan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dan self-esteem dengan perilaku bullying, mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku bullying, mengetahui hubungan antara self-esteem dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI jurusan otomotif STM Yudya Karya Magelang. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling sehingga diperoleh satu kelas sebagai sampel try-out dan dua kelas sebagai sampel penelitian berjumlah 54 siswa. Skala yang digunakan adalah skala perilaku bullying berdasarkan aspek bullying dari Coloroso dengan reliabilitas 0,725 , skala DERS dari Gratz dan Roemer dengan reliabilitas 0,739 , dan skala self-esteem berdasarkan aspek self-esteem dari Rosenberg dengan reliabilitas 0,745. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara regulasi emosi dan self-esteem dengan perilaku bullying pada siswa kelas XI jurusan otomotif STM Yudya Karya Magelang dengan koefisien korelasi sebesar R= 0,558; p= 0,000 (p<0,05). Secara parsial, terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku bullying, dengan nilai signifikansi 0,008 (p < 0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara selfesteem dengan perilaku bullying, dengan nilai signifikansi 0,004 (p < 0,05). R square yang diperoleh bernilai 0,311 dengan arti sumbangan variabel regulasi emosi dan self-esteem atas perilaku bullying adalah sebesar 31,1%. Besarnya sumbangan efektif regulasi emosi terhadap perilaku bullying sebesar 11,09% dan sumbangan efektif self-esteem terhadap perilaku bullying sebesar 20,01%. Kata kunci: perilaku bullying, regulasi emosi, self-esteem

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 06 Oct 2015 21:33
    Last Modified: 06 Oct 2015 21:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20875

    Actions (login required)

    View Item