PENGARUH BOOK TAX-DIFFERENCES TERHADAP HUBUNGAN LABA SEKARANG, AKRUAL DAN ARUS KAS DENGAN LABA DI MASA DATANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011)

SATYAWATI , ENDANG (2014) PENGARUH BOOK TAX-DIFFERENCES TERHADAP HUBUNGAN LABA SEKARANG, AKRUAL DAN ARUS KAS DENGAN LABA DI MASA DATANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011). Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA.

[img]
Preview
PDF
Download (152Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUHBOOK TAX-DIFFERENCES TERHADAP HUBUNGAN LABA SEKARANG, AKRUAL DAN ARUS KAS DENGAN LABA DI MASA DATANG (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2011) Endang Satyawati, SE.,Ak NIM: S4311053 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh book tax-differences terhadap hubungan laba sekarang, akrual dan arus kas dengan laba di masa datang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2007-2011. Penelitian ini terdapat satu variabel dependen, tiga variabel independen dan satu variabel moderasi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah laba sebelum pajak masa depan (PTBIt+1). Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari laba sebelum pajak tahun sekarang, komponen akrual dan aliran kas. Variabel moderasi penelitian ini adalah book tax-differences yang mewakili subsampel perusahaan dengan large positive book tax-differences (LPBTD),large negative book tax-differences (LNBTD), dan small book tax-differences. Ketiga subsampel tersebut berupa variabel indikator. Metode analisis statistik dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Book tax differencessecara negatif (large negative book tax differences) tidak berpengaruh terhadap laba akuntansi satu tahun ke depan. Hal tersebut mengindikasikan perusahaan dengan large negative book tax differencesbelum tentu dapat merealisasikan pendapatan pada masa depan, sehingga tidak dapat berpengaruh terhadap laba masa depan. Sedangkan Book tax differencessecara positif (large positive book tax differences signifikan secara statistik mempunyai pengaruh terhadap laba masa depan. Hal tersebut mengindikasikan perusahaan dengan large positive book tax-differences tidak dapat melakukan subyektivitas dalam pelaporan keuangan dibanding pelaporan perpajakan, sehingga komponen akrual dan aliran kasnya dapat berpengaruh terhadap laba masa depan. Kata kunci: book tax-differences, laba, akrual, arus kas

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Akuntansi - S2
    Depositing User: Roikhatul Miskiyah
    Date Deposited: 06 Oct 2015 21:01
    Last Modified: 06 Oct 2015 21:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20862

    Actions (login required)

    View Item