NILAI PENDIDIKAN DALAM SẾRAT DONGÈNG ASMADAYA Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra

HAPSARI, PRADNYA PARAMITA (2014) NILAI PENDIDIKAN DALAM SẾRAT DONGÈNG ASMADAYA Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (860Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) struktur apa saja yang terkandung dalam naskah Sêrat Dongèng Asmadaya, (2) nilai sosial yang terkandung dalam naskah Sêrat Dongèng Asmadaya, dan (3) mengungkapkan nilai pendidikan yang terkandung dalam naskah Sêrat Dongèng Asmadaya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Sêrat Dongèng Asmadaya. Data dalam penelitian ini meliputi struktur, sosiologi dan nilai pendidikan, terdapat juga dua informan dari kalangan praktisi sastra dan dosen sastra. Teknik pengumpulan data dengan analisis isi. Validitas data penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan pemahaman makna yang dilakukan secara heuristik dan hermeneutik. Penelitian ini menghasilkan (1) struktur dalam naskah Sêrat Dongèng Asmadaya yang terdiri dari fakta-fakta cerita penokohan, alur, latar kemudian tema dan dari sarana-sarana sastra berupa simbolisme, (2) nilai sosial dalam naskah Sêrat Dongèng Asmadaya berupa pekerjaan, bahasa, tempat tinggal, adat kebiasaan dan agama, (3) nilai-nilai pendidikan yang mencakup nilai moral, nilai sosial, nilai religius dan nilai budaya. Kata kunci : Sêrat Dongèng Asmadaya, Sosiologi Sastra.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 21:16
    Last Modified: 06 Oct 2015 21:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20859

    Actions (login required)

    View Item