EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANNURWANDA, PRADIPTA (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (74Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari kecerdasan emosional siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah TGT, TAI dan pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Kabupaten Magetan tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Sampel berjumlah 252 siswa yang terdiri dari 85 siswa sebagai kelas eksperimen I, 86 siswa sebagai kelas eksperimen II, 81 siswa sebagai kelas kontrol . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran TGT memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran TAI dan langsung, model pembelajaran TAI memberikan prestasi matematika yang sama dengan model pembelajaran langsung, (2) siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi matematika yang sama dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang mempunyai prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, (3) pada kategori tingkat kecerdasan emosional tinggi, TGT, TAI dan langsung memberikan prestasi matematika yang sama, pada kategori tingkat kecerdasan emosional sedang, TGT memberikan prestasi matematika yang sama dengan TAI dan langsung, model pembelajaran langsung memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada TAI, pada kategori tingkat kecerdasan emosional rendah, TGT memberikan prestasi matematika yang sama dengan TAI, TGT memberikan prestasi matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, TAI memberikan prestasi matematika yang sama dengan model pembelajaran langsung, (4) pada kategori model pembelajaran TGT dan TAI, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah mempunyai prestasi matematika yang sama, pada kategori model pembelajaran langsung, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mempunyai prestasi matematika yang sama dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang dan rendah, siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang mempunyai prestasi matematika yang lebih baik daripada siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Kata Kunci: Teams Games Tournaments, Team Assisted Individualization, pembelajaran langsung, kecerdasan emosional.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 21:31
    Last Modified: 06 Oct 2015 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20858

    Actions (login required)

    View Item