PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Khanifah, Munawaroh Nur (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (520Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Munawaroh Nur Khanifah. K8410040. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2014 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pejagoan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaboratif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pejagoan yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data utama adalah observasi dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data pendukung dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kritis dan teknik statistik deskriptif komparatif. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa hasil belajar koginitf siswa di tiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 72,79, sedangkan pada siklus I nilai rata-ratanya mencapai 75,60 atau meningkat 2,81 dari pratindakan, dan pada siklus II mencapai 81,58 atau naik sebesar 5,98 dari siklus I. Selain itu, ketuntasan hasil belajar kognitif juga mengalami peningkatan di tiap siklusnya. Pada pratindakan persentase siswa yang tuntas 57, 58%, pada siklus I persentase siswa yang tuntas mencapai 75,76% atau meningkat 18,18% dari pratindakan, dan pada siklus II persentase siswa yang tuntas mencapai 90,91% atau meningkat 15,15% dari siklus I. Selain hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif dan psikomotoriknya juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar afektifnya hanya mencapai 71,92, dan pada siklus II mencapai 78,38 atau naik 6,46 dari siklus I. Sementara dari ranah pasikomotoriknya, pada siklus I rata-rata hasil belajarnya hanya mencapai 71,57, dan pada siklus II mencapai 78,33 atau naik 6,76 dari siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pejagoan Tahun pelajaran 2013/2014. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 06 Oct 2015 20:49
    Last Modified: 06 Oct 2015 20:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20854

    Actions (login required)

    View Item