PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B TK BERINGIN, PURWOREJO TAHUN 2013/2014

Puspitasari, Febriana Mutiara (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MEMBATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B TK BERINGIN, PURWOREJO TAHUN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (103Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan metode demonstrasi melalui kegiatan membatik pada anak kelompok B TK Beringin, Purworejo tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Beringin, Purworejo tahun 2013/2014 yang berjumlah 14 anak. Sumber data berasal dari anak dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pemberian tugas dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan motorik halus dengan menerapkan metode demonstrasi melalui kegiatan membatik secara keseluruhan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan pada prasiklus sebesar 35,71%. Pada siklus I meningkat menjadi 57,15% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,14%. Ketuntasan kecepatan, pada prasiklus sebesar 7,14%, siklus I 39,29%, sedangkan siklus II sebesar 82,15%. Ketuntasan pada ketepatan yaitu pada prasiklus sebesar 35,71%, siklus I sebesar 57,15%, siklus II sebesar 82,14%. Ketuntasan pada keterampilan menggerakkan tangan yaitu pada prasiklus sebesar 35,71%, siklus I sebesar 64,29%, sedangkan pada siklus II sebesar 82,14%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan membatik dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B TK Beringin, Purworejo tahun 2013/2014. Kata kunci: metode demonstrasi, membatik, keterampilan motorik halus

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 06 Oct 2015 20:33
    Last Modified: 06 Oct 2015 20:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20847

    Actions (login required)

    View Item