ANALISIS KEPEMINATAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PRAKTIK DAN TEORI KELAS XI TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 2 KARANGANYAR

NATALIA, ENDAH (2014) ANALISIS KEPEMINATAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PRAKTIK DAN TEORI KELAS XI TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 2 KARANGANYAR. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
PDF
Download (99Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Endah Natalia. ANALISIS KEPEMINATAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PRAKTEK DAN TEORI KELAS XI TEKNIK OTOTRONIK SMK NEGERI 2 KARANGANYAR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2014. Penelitian ini dilaksanakan karena adanya perbedaan minat siswa terhadap mata pelajaran praktek dan teori. Siswa lebih berminat terhadap mata pelajaran praktek daripada pelajaran teori. Menurut Muhibbin Syah minat adalah kecenderungan tinggi terhadap sesuatu. Minat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal pada diri manusia. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap mata pelajaran praktik dan alasan mengapa siswa kurang antusias pada mata pelajaran teori. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas XI dan lingkungan tempat belajar SMK N 2 Karanganyar. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, observasi, wawancara, dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi minat siswa adalah perhatian pada kategori tinggi dengan presentase 57,14%, keingintahuan pada kategori tinggi dengan persentase 54,76%, motivasi pada kategori sangat tinggi dengan persentase 52,38% dan kebutuhan pada kategori tinggi dengan persentase70,24%. Faktor eksternal yang mempengaruhi minat siswa adalah dorongan orang tua pada kategori tinggi dengan persentase 61,91%, guru pada kategori tinggi dengan pesentase 66,67%, teman pada kategori tinggi dengan persentase 53,57%, sarana dan prasarana pada kategori sedang dengan persentase 40,48% dan keadaan lingkungan pada kategori tinggi dengan presentase 64,29%. Alasan siswa kurang berminat dengan pelajaran teori (1) guru, guru terlalu monoton dalam mengajar, guru meremehkan siswa dikelas, penyampaian materi terlalu cepat, (2) motivasi, siswa menganggap praktek lebih penting, (3) teman, siswa terpengaruh pada teman. Kata kunci : minat belajar siswa, minat belajar praktik, minat belajar teori

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Roikhatul Miskiyah
    Date Deposited: 06 Oct 2015 20:20
    Last Modified: 06 Oct 2015 20:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20843

    Actions (login required)

    View Item