PERENCANAAN SISTEM TRANSMISI AIR BERSIH UNTUK PELAYANAN MASYARAKAT KECAMATAN BOYOLALI DARI SUMBER MATA AIR UMBUL TLATAR DESA KEBONBIMO KECAMATAN BOYOLALI PADA TAHUN 2020

SETIAWAN, ARIF (2015) PERENCANAAN SISTEM TRANSMISI AIR BERSIH UNTUK PELAYANAN MASYARAKAT KECAMATAN BOYOLALI DARI SUMBER MATA AIR UMBUL TLATAR DESA KEBONBIMO KECAMATAN BOYOLALI PADA TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Arif Setiawan, 2015, “Perencanaan Sistem Transmisi Air Bersih untuk Pelayanan Masyarakat Kecamatan Boyolali dari Sumber Mata Air Umbul Tlatar Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali pada Tahun 2020” Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan air bersih di Kecamatan Boyolali mengalami peningkatan setiap tahunnya seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Salah satu cara pemenuhan kebutuhan air bersih di Kecamatan Boyolali yaitu melalui PDAM TIRTA DHARMA Kabupaten Boyolali, dengan merencanakan sistem transmisi air bersih dari Sumber Mata Air Umbul Tlatar Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prediksi jumlah pertambahan penduduk di Kecamatan Boyolali sampai pada tahun 2020, mengetahui prediksi jumlah kebutuhan air bersih di Kecamatan Boyolali sampai pada tahun 2020, mengetahui persentase kebutuhan air bersih yang tercukupi dari kapasitas sumber mata air yang ada dan mengetahui perencanaan sistem transmisi khususnya untuk dimensi pipa transmisi beserta kelengkapannya. Penelitian ini menggunakan studi metode deskriptif kuantitatif. Data yang diperlukan antara lain data jumlah penduduk Kecamatan Boyolali dari tahun 2009 sampai tahun 2013, jarak antara sumber mata air Umbul Tlatar dengan Kecamatan Boyolali, elevasi ketinggian antara sumber mata air Umbul Tlatar dengan Kecamatan Boyolali, data debit sumber mata air Umbul Tlatar. Hasil perhitungan dari penelitian ini menunjukkan sampai pada tahun 2020 prediksi jumlah penduduk di Kecamatan Boyolali sebesar 62.895 jiwa. Prediksi kebutuhan air bersih di Kecamatan Boyolali sampai pada tahun 2020 berdasarkan jumlah pertambahan penduduk sebesar 108,274 lt/dt. Persentase kebutuhan air bersih yang tercukupi dari kapasitas sumber yang ada sebesar 64,65%. Besar volume reservoir tambahan yang direncanakan untuk menampung air bersih dari sumber mata air lain di daerah Tlatar ke reservoir Pulisen Kecamatan Boyolali adalah 500 . Perencanaan sistem transmisi air bersih ini menggunakan pipa PVC Wavin AW, dengan diameter 8 inci lengkap dengan asesorisnya. Panjang pipa sebesar 10.137,27 m dan beda tinggi 278,263 m dengan elevasi ketinggian sumber mata air Umbul Tlatar 695,500 m dan elevasi Kecamatan Boyolali 407,237 m. Serta Rencana Anggaran Biaya (RAB) pipa transmisi senilai Rp 9.550.000.000,00. Kata kunci : jumlah penduduk, kebutuhan air, volume reservoir, diameter pipa, perencanaan sistem transmisi, Rencana Anggaran Biaya (RAB).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 06 Oct 2015 20:17
    Last Modified: 06 Oct 2015 20:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20841

    Actions (login required)

    View Item