Pengaruh Keberadaan Laboratorium terhadap Hasil Belajar melalui Minat Belajar pada Mata Pelajaran Kelompok C3 Program Keahlian Pemasaran Kelas XI SMKN 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018

Yanuarta, Irvan (2019) Pengaruh Keberadaan Laboratorium terhadap Hasil Belajar melalui Minat Belajar pada Mata Pelajaran Kelompok C3 Program Keahlian Pemasaran Kelas XI SMKN 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (931Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh laboratorium terhadap hasil belajar siswa melalui minat belajar pada mata pelajaran kelompok C3 kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui pengaruh laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelompok C3 kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018, 3) untuk mengetahui pengaruh minat belajar sebagai variabel mediasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelompok C3 kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah Proportional Random Sampling. Jumlah sampel adalah 60 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan yaitu laboratorium melalui minat belajar menghasilkan t-statistic sebesar 2,050, dengan begitu dapat diketahui bahwa nilai t-statistic lebih besar daripada alpha (2,050 > 1,96), sedangkan nilai p-value sebesar 0,041 lebih kecil dari 0,05, original sample menunjukan nilai positif yaitu 0,279. Hasil tersebut menunjukkan bahwa laboratorium melalui minat belajar signifikan sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar dan juga menyatakan bahwa keberadaan laboratorium melalui minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) laboratorium berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar melalui minat belajar yang ditunjukan dengan nilai p-value 0,041<0,05 (2) laboratorium berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai p-value 0,010<0,05, (3) minat belajar sebagai variabel mediasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai p-value 0,019<0,05, dan nilai R sqaure sebesar 57,5%. Hal ini menunjukkan bahwa laboratorium melalui minat belajar mampu menjelaskan hasil belajar sebesar 57,5%, sedangkan sisanya 42,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Fransiska Meilani
    Date Deposited: 06 Oct 2015 19:12
    Last Modified: 24 Jan 2019 16:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20818

    Actions (login required)

    View Item