PENGARUH BONUS PLAN, FINANCIAL LEVERAGE DAN SIZE TERHADAP EARNING MANAGEMENT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2011)

Purso, Jiwo Tri (2014) PENGARUH BONUS PLAN, FINANCIAL LEVERAGE DAN SIZE TERHADAP EARNING MANAGEMENT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2011). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (836Kb) | Preview

    Abstract

    Manajemen laba adalah upaya manajemen dalam proses pelaporan keuangan perusahaan melalui pemilihan kebijakan-kebijakan akuntansi untuk mengatur jumlah laba yang dilaporkan dengan tujuan membentuk kesan mengenai kinerja perusahaan, menaikkan nilai perusahaan serta mempengaruhi hasil kontrak yang didasarkan pada angka-angka akuntansi yang dilaporkan untuk memperoleh keuntungan bagi privat manajemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bonus plans, financial leverage dan size terhadap earning management. Berdasarkan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling, total data perusahaan yang digunakan sebagai penelitian adalah sebesar 71 perusahaan sedangkan jumlah obsevasi 3 tahun sehingga didapat 213 perusahaan manufaktur yang listing di BEI dari tahun 2008 hingga tahun 2011. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik regresi berganda untuk membuktikan hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bonus plans, financial leverage dan size berpengaruh terhadap earning management baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Bonus Plans, Financial Leverage, Size, Earning Management.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 06 Oct 2015 18:06
    Last Modified: 06 Oct 2015 18:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20801

    Actions (login required)

    View Item