EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DITINJAU DARI SEGI KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA (KLU) DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURAKARTA

Pradana, Jefri Andi (2013) EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DITINJAU DARI SEGI KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA (KLU) DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (297Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi khusunya dari segi Klasifikasi Lapangan Usaha (KLU) dalam penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Pengahasilannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, kepustakaan dan metode analisis data. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan WPOP ditinjau dari segi KLU masih banyak yang mengalami penurunan tingkat kepatuhan dari tahun 2010-2011. Dari 20 kode KLU, 13 kode KLU mengalami penurunan, 2 kode KLU tidak memiliki WP terdaftar, 2 kode KLU stabil, dan 3 kode KLU yang mengalami kenaikan. Bila diasumsikan mengacu pada target tingkat kepatuhan dari DJP yaitu 50%, maka dari 20 kode KLU hanya 5 kode KLU yang mencapai target tersebut, 2 kode KLU tidak memiliki WPterdaftar, dan 13 kode KLU belum mencapai target. Untuk target 50% dari DJP, WPOP di KPP Pratama Surakarta pada tahun 2010 mencapai target, sedangkan pada tahun 2011 tidak mencapai target. Rekomendasi dari penelitian ini adalah melakukan sosialisasi sedini mungkin yaitu berdasarkan WPOP dari segi KLU,menambahkan sarana penyampaian SPT, dan melakukan upaya lebih melalui media cetak maupun media elektronik. Dengan demikian, tingkat kepatuhan WPOPdiharapkan akan meningkat. Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi, KantorPelayanan Pajak Pratama Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 06 Oct 2015 17:38
    Last Modified: 06 Oct 2015 17:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20798

    Actions (login required)

    View Item