KESESUAIAN PEMANFAATAN JALAN LINGKUNGAN SEBAGAI RUANG PUBLIK PADA KAWASAN KEPADATAN PENDUDUK PERMUKIMAN TERTINGGI KOTA SURAKARTA

PUTRA, ADRI AGUNG SURYA (2014) KESESUAIAN PEMANFAATAN JALAN LINGKUNGAN SEBAGAI RUANG PUBLIK PADA KAWASAN KEPADATAN PENDUDUK PERMUKIMAN TERTINGGI KOTA SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (484Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK KESESUAIAN PEMANFAATAN JALAN LINGKUNGAN SEBAGAI RUANG PUBLIK PADA KAWASAN KEPADATAN PENDUDUK PERMUKIMAN TERTINGGI KOTA SURAKARTA Kepadatan penduduk permukiman tertinggi di masing-masing kecamatan Kota Surakarta, yaitu Kelurahan Jayengan, Kelurahan Setabelan, Kelurahan Kepatuhan Wetan, Kelurahan Kerten, dan Kelurahan Pasar Kliwon memanfaatkan jalan lingkungan sebagai ruang publik. Selain sebagai prasarana aksesbilitas pergerakan manusia atau barang, jalan lingkungan juga memiliki fungsi ruang terbuka aktif. Jalan lingkungan seharusnya hanya mewadahi kegiatan yang bersifat umum tetapi pada kenyataannya, kegiatan yang bersifat privat ikut terjadi di jalan lingkungan. Hal ini menyebabkan terganggunya fungsi jalan sebagai prasarana aksesbiltas maupun ruang publik karena pemanfaatan yang bersifat privat tersebut. Masalah yang terjadi adalah timbulnya tersendatnya alur lalulintas, berkurangnya ruang jalan lingkungan sebagai ruang publik, dan menambah kepadatan bangunan yang ada dengan berdirinya usaha perdagangan di jalan lingkungan, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukenali kesesuaian pemanfaatan jalan lingkungan terhadap fungsi jalan di kawasan dengan tingkat kepadatan penduduk permukiman tertinggi di Kota Surakarta dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa jalan lingkungan di kawasan dengan tingkat kepadatan penduduk permukiman tertinggi di kota Surakarta sesuai digunakan sebagai ruang publik. Kegiatan privat yang ada di jalan lingkungan mampu terjadi bersamaan dengan kegiatan publik di jalan lingkungan. Jalan lingkungan mempunyai fungsi sebagai wilayah yang ramah menyebabkan jalan mempunyai kebebasan dalam kegiatan yang terjadi diatasnya yang seharusnya hanya kegiatan publik tetapi kegiatan privat juga ikut terjadi. Kata kunci : Tingkat kepadatan penduduk permukiman tertinggi, jalan lingkungan, ruang publik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 06 Oct 2015 10:50
    Last Modified: 06 Oct 2015 10:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20775

    Actions (login required)

    View Item