PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS TAHUN 2013/2014 (Studi Kasus di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen Se-Kota Surakarta)

OKTAVIANINGRUM, DILLA (2014) PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS TAHUN 2013/2014 (Studi Kasus di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen Se-Kota Surakarta). Other thesis, Unioversitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (133Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi guru pamong terhadap kompetensi mengajar mahasiswa PPL PAP FKIP UNS di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta tahun 2013/2014; (2) Kendala - kendala guru pamong dalam menghadapi mahasiswa PPL PAP FKIP UNS di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta tahun 2013/2014. (3) Solusi dalam mengatasi kendala-kendala guru pamong dalam menghadapi mahasiswa PPL PAP FKIP UNS di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta tahun 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru pamong Administrasi Perkantoran SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta. Peneliti menggunakan bentuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan realita empirik di balik fenomena secara mendalam, rinci dan tuntas. Adapun sumber data yang diperoleh dari informan, lokasi dan tempat penelitian, serta dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumen dan arsip. Validitas data yang digunakan adalah dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa:(1)Persepsi guru pamong terhadap kompetensi mengajar mahasiswa PPL PAP FKIP UNS di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta tahun 2013/2014 antara lain meliputi:a) Kompetensi Pedagogik sudah baik,tercermin dari sub kompetensi yang telah ditunjukkan yaitu memahami wawasan atau landasan kependidikan, memahami karakteristik peserta didik, merancang pembelajaran, mengadakan evaluasi, tetapi masih terdapat sub kompetensi yang masih kurang yaitu memahami dan mengembangkan kurikulum/silabus.b)Kompetensi Profesional yang ditunjukkan sudah baik, tercermin dari sub kompetensi yang telah dimiliki yaitu menguasai materi ajar, mengerti dan dapat menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan media atau sumber pembelajaran, mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah. Sub kompetensi mengelola proses pembelajaran yang masih kurang dilaksanakan.c)Kompetensi Kepribadian sudah baik, tercermin dari sub kompetensi menjadi sosok yang arif dan bijaksana, dapat mengevaluasi diri, tetapi belum memiliki sikap kedewasaan dan kepribadian yang berwibawa. d) Kompetensi Sosial sudah baik, tercermin dari sub kompetensi yang telah ditunjukkan yaitu mampu berinteraksi secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik dan tenaga kependidikan, mampu melaksanakan kerjasama dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan dan orang tua/wali murid, mempunyai rasa hormat pada orang lain, bertingkah laku tertib sesuai dengan beraturan sekolah.(2)Kendala-kendala guru pamong dalam menghadapi mahasiswa PPL PAP FKIP UNS di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta tahun 2013/2014 antara lain:a)Mahasiswa PPL jam terbangnya kurang tinggi. b) Mahasiswa PPL kurang dapat mengelola kelas. c) Sikap Keguruan masih kurang. d) Mahasiswa PPL kurang terbiasa dengan materi ajar. e) Jadwal mengajar terbentur dengan jadwal kuliah. (3)Solusi untuk mengatasi kendala-kendala guru pamong dalam menghadapi mahasiswa PPL PAP FKIP UNS di SMK Bidang Bisnis dan Manajemen se-Kota Surakarta tahun 2013/2014 antara lain:a) Memberikan motivasi kepada mahasiswa.b)Memberikan arahan kepada mahasiswa.c) Memberikan bimbingan kepada mahasiswa. d) Guru pamong perlu mengulang materi kembali kepada peserta didiknya. e) Membagi jadwal mengajar antara mahasiswa PPL dengan pamong. Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Kompetensi Mengajar, Guru, Mahasiswa, Kompetensi Guru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 06 Oct 2015 09:56
    Last Modified: 06 Oct 2015 09:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20770

    Actions (login required)

    View Item