ESTIMASI MATRIK ASAL TUJUAN (MAT) DARI DATA ARUS LALU LINTAS DENGAN METODE ESTIMASI ENTROPI MAKSIMUM MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK EMME/3

ASTRIA, ZULI (2015) ESTIMASI MATRIK ASAL TUJUAN (MAT) DARI DATA ARUS LALU LINTAS DENGAN METODE ESTIMASI ENTROPI MAKSIMUM MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK EMME/3. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (477Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan transportasi seperti kemacetan, polusi suara dan udara, kecelakaan, tundaan dan berbagai masalah keselamatan dapat teratasi jika ada perencanaan transportasi yang baik. Untuk mengatasi semua permasalahan tersebut dibentuknya Matrik Asal Tujuan (MAT). MAT adalah matrik berdimensi dua yang berisi informasi mengenai besarnya pergerakan antarlokasi (zona) di dalam daerah tertentu. Salah satu indikator dalam perencanaan MAT adalah dengan mengetahui besarnya parameter β. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengestimasi nilai MAT dari data lalu lintas menggunakan aplikasi software EMME/3 dengan metode estimasi entropi maksimum di Kota Surakarta pada tahun 2015. Selain itu untuk mengetahui tingkat validitas dari arus lalu lintas hasil pemodelan dengan arus lalu lintas hasil pengamatan di lapangan. Metode estimasi entropi-maksimum adalah model yang digunakan untuk mendapatkan informasi seluruh status mikro yang akan terjadi dengan peluang yang sama serta konsisten dengan informasi status makronya selain itu asumsi dasar pendekatan ini adalah peluang sebaran yang terjadi sebanding dengan jumlah status yang ada dalam sistem tersebut yang mendukung terbentuknya sebaran. Untuk menggunakan metode ini, penelitian dibantu dengan program software Matlab. Hasil keluaran dari metode ini adalah nilai parameter β yang akan digunakan untuk mendapatkan Matrik pemodelan baru, kemudian MAT baru dibebankan dan dimasukan arus hasil pengamatan (traffic count) ke dalam jaringan jalan sehingga bisa diperoleh nilai validitasnya. Uji Validitas menggunakan koefisien Determinasi (R²). Besarnya nilai parameter β yang diperoleh dengan bantuan aplikasi software Matlab adalah 0,001. Dari hasil perhitungan dengan bantuan EMME/3, diperoleh total jumlah estimasi pergerakan kota Surakarta pada tahun 2015 adalah 47549,17 smp/jam dengan tingkat validitas (R2) yang didapatkan sebesar 0,8178.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 09 Oct 2015 10:13
    Last Modified: 09 Oct 2015 10:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20767

    Actions (login required)

    View Item