TINGKAT LOYALITAS NASABAH BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH KCS SURAKARTA TERHADAP TABUNGAN BATARA

SUSANTO, DICKY ARI (2014) TINGKAT LOYALITAS NASABAH BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH KCS SURAKARTA TERHADAP TABUNGAN BATARA. Other thesis, Unioversitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (873Kb) | Preview

    Abstract

    Pelayanan dan kepuasan pelanggan merupakan aspek yang vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan. Untuk itu perusahaan harus meminimalkan ketidak puasan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang baik. Loyalitas pelanggan merupakan tujuan utama yang diupayakan pemasar. Hal ini dikarenakan dengan loyalitas sesuai dengan yang diharapkan, dapat dipastikan perusahaan akan meraih keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat loyalitas nasabah Tabungan Batara Bank BTN Syariah berdasarkan elemen brand loyalty. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survey dengan penyebaran kuisioner pada sampel sebanyak 100 responden di PT Bank Tabungan Negara Syariah KCS Surakarta. Peneliti menetapkan pertimbangan tertentu, terhadap populasi yang akan dipilih menjadi sampel, teknik tersebut dikenal dengan judmental sampling/purposive sampling. Analisis deskriptif dengan menggunakan rumus mean dan persentasi dipilih untuk pengolahan data. Elemen brand loyalty yang dianalisis meliputi switcher, habitual buyer, satisfied buyer, likes the brand, dan committed buyer. Berdasarkan hasil survei 100 responden dapat disimpulkan kebanyakan nasabah Bank BTN Syariah adalah berjenis kelamin laki-laki, bekerja lain-lain bukan sebagai wiraswasta, swasta dan PNS, dan menerima penghasilan tiap bulan Rp. 2.000.000,- s/d Rp. 2.500.000,-. Menurut tanggapan responden terhadap tingkat loyalitas nasabah pada Bank BTN Syariah dapat diketahui pada tingkat switcher, responden yang sensitif terhadap harga sebesar 17% dan responden yang berganti-ganti feature untuk memenuhi informasi sebesar 63%. Pada tingkat habitual buyer, nasabah yang menggunakan produk Bank BTN karena kebiasaan sebesar 70% dan nasabah yang selalu menggunakan Tabungan Batara sebesar 62%. Pada tingkat satisfied buyer, konsumen yang puas ketika menggunakan Tabungan Batara sebesar 77% dan nasabah yang tetap menggunakan Tabungan Batara walaupun harganya naik sebesar 33%. Pada tingkat likes the brand, nasabah yang suka terhadap Bank BTN Syariah sebesar 76% dan konsumen yang tidak pindah ke merek lain jika sudah suka dengan Tabungan Batara sebesar 47%. Pada tingkat committed buyer ialah nasabah yang sering menyarankan dan mempromosikan Tabungan Batara kepada orang lain sebesar 21% dan konsumen yang tetap menggunakan Tabungan Batara walaupun ada informasi negatif sebesar 32%. Kata Kunci: switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, likes the brand, dan committed buyer.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 06 Oct 2015 09:23
    Last Modified: 06 Oct 2015 09:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20757

    Actions (login required)

    View Item