RANCANG BANGUN WATER INJECTION BERBASIS MIKROKONTROLER SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA MEGA PRO TAHUN 2009

Mahmud, Fauzianto (2014) RANCANG BANGUN WATER INJECTION BERBASIS MIKROKONTROLER SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA MEGA PRO TAHUN 2009. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (102Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Dapat mengembangkan dan merancang sistem water injection berbasis mikrokontroler pada sepeda motor Honda Mega Pro tahun 2009. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan water injection berbasis mikrokontroler terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Honda Mega Pro tahun 2009. (3) Mengetahui besar torsi dan daya pada sepeda motor Honda Mega Pro tahun 2009 dengan menggunakan water injection berbasis mikrokontroler. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Honda Mega Pro tahun 2009 bernomor mesin KC11E1237512. Data diperoleh dari besarnya torsi dan daya dengan bahan bakar premium murni (standar) dan menggunakan water injection berbasis mikrokontroler dengan komposisi (A100, A90, A80, A70, A60, dan A50). Data diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel, dan ditampilkan dalam bentuk grafik kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengembangan dan perancangan sistem water injection berbasis mikrokontroler dapat bekerja dan beroperasi dengan baik pada sepeda motor Honda Mega Pro tahun 2009. (2) Terdapat pengaruh penggunaan water injection berbasis mikrokontroler terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Honda Mega Pro tahun 2009. (3) Torsi maksimal paling baik yang dihasilkan adalah menggunakan water injection (A50) sebesar 14.29 Nm pada putaran mesin 6250 rpm atau mengalami peningkatan torsi sebesar 1 .11 Nm atau 8.42% dan torsi maksimal paling buruk yang dihasilkan adalah menggunakan water injection (A100) sebesar 13.07 Nm pada putaran mesin 6162 rpm atau mengalami penurunan sebesar 0.11 Nm atau 0.83% dari torsi maksimal yang dihasilkan sepeda motor tanpa menggunakan water injection (standar) sebesar 13.18 Nm pada putaran mesin 6750 rpm. (4) Daya maksimal paling baik yang dihasilkan adalah menggunakan water injection (A50) sebesar 13.70 HP pada putaran mesin 7724 rpm atau mengalami peningkatan sebesar 0.93 HP atau 7.28% dan daya maksimal paling buruk yang dihasilkan menggunakan water injection (A100) sebesar 12.43 HP pada putaran mesin 7049 rpm atau mengalami penurunan sebesar 0.34 HP atau 2.66% dari daya maksimal yang dihasilkan sepeda motor tanpa menggunakan water injection (standar) sebesar 12.77 HP pada putaran mesin 7156 rpm. Kata kunci: water injection, mikrokontroler, torsi dan daya

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 06 Oct 2015 09:18
    Last Modified: 06 Oct 2015 09:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20756

    Actions (login required)

    View Item