PENDIDIKAN POLITIK DAN PEMAHAMAN TUGAS, FUNGSI, DAN WEWENANG DPR RI JUDUL (Pengaruh Kualitas Materi Pembelajaran, Efektivitas Simulasi, dan Kualitas Komunikator dalam Pendidikan Politik Melalui Kegiatan Parlemen Remaja Terhadap Tingkat Pemahaman Tugas, Fungsi, dan Wewenang DPR RI di Kalangan Pelajar SMA/SMK/MA Se-Indonesia Periode Tahun 2014)

DIEVA , PRADANA (2014) PENDIDIKAN POLITIK DAN PEMAHAMAN TUGAS, FUNGSI, DAN WEWENANG DPR RI JUDUL (Pengaruh Kualitas Materi Pembelajaran, Efektivitas Simulasi, dan Kualitas Komunikator dalam Pendidikan Politik Melalui Kegiatan Parlemen Remaja Terhadap Tingkat Pemahaman Tugas, Fungsi, dan Wewenang DPR RI di Kalangan Pelajar SMA/SMK/MA Se-Indonesia Periode Tahun 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (129Kb) | Preview

    Abstract

    Pendidikan politik memiliki peranan penting dalam membangun kesadaran dan daya kritis remaja tentang politik, sehingga para remaja yang pada dasarnya belum memiliki pengetahuan politik, dapat memiliki pemahaman akan pelaksanaan sistem politik yang merupakan bagian dari proses demokrasi yang berasaskan pancasila. Sebagai bentuk transfer pengetahuan (knowledge), pendidikan politik yang dilakukan Humas Setjen DPR RI menjadi sangat penting guna memberikan suatu pemahaman terkait tugas, fungsi, dan wewenang DPR RI.Sebagai bentuk realisasi dilakukan kegiatan Parlemen Remaja 2014 dalam rangka memberikan pendidikan politik dan simulasi pengesahan undang-undang kepada kalangan remaja. Tujuan penelitian ini guna mengukur sejauh mana pengaruh atau besar sumbangan antar variabel yang sudah dihipotesiskan, sehingga muncul kerangka berfikir/hipotesis, “ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh kualitas materi pembelajaran, efektivitas simulasi, dan kualitas komunikator terhadap tingkat pemahaman tugas, fungsi dan wewenang DPR RI dikalangan pelajar”. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah Teori penggabungan informasi. Dinyatakan bahwa informasi merupakan suatu kekuatan yang berpotensi untuk mempengaruhi perubahan sikap individu, yang dikaitkan dengan teori bloom/taksonomi bloom bahwa salah satu aspek didalamnya terdapat pemahaman sebagai salah satu dari jenjang atas perubahan kognisi dalam diri seseorang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner yang disebarkan pada 136 responden, ini merupakan kesuluruhan dari populasi, sehingga dikategorikan sebagai penelitian sensus. Diketahui hasil analisis regresi linier berganda dengan SPSS 18.0 menunjukkan sebesar 18,4% tingkat pemahaman tugas, fungsi dan wewenang DPR RI dikalangan pelajar dijelaksan/dipengaruhi oleh kualitas materi pembelajaran, efektivitas simulasi, dan kualitas komunikator. Sedangkan 81,6% disebabkan oleh variabel lainnya diluar variabel dalam penelitian. Adapun berdasarkan analisa yang telah dilakukan menghasilkan persamaan regresi: Y = 12,519 + 0,410 X1 + 0,212 X2 + 0,319 X3 + e. Artinya secara parsial terdapat pengaruh positif, dimana bila terjadi kenaikan satu satuan pada variabel independen, maka akan terjadi kenaikan pada variabel dependen sesuai dengan nilai /per satuan pada variabel independen. Kata Kunci : Pendidikan Politik, Parlemen Remaja, Tingkat Pemahaman, DPR RI

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JC Political theory
    J Political Science > JF Political institutions (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 09:37
    Last Modified: 06 Oct 2015 09:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20751

    Actions (login required)

    View Item