EFEKTIVITAS PEMBERIAN PAKAN BUATAN BERUPA PELET IKAN, JANGKRIK KALUNG (Gryllus testaceus) DAN GANGGANG MERAH (Gracilaria foliifera) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN SIDAT (Anguilla bicolor)

Kurniawan, Prabasthoro Fendy (2014) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PAKAN BUATAN BERUPA PELET IKAN, JANGKRIK KALUNG (Gryllus testaceus) DAN GANGGANG MERAH (Gracilaria foliifera) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KELULUSHIDUPAN IKAN SIDAT (Anguilla bicolor). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (115Kb) | Preview

    Abstract

    Ikan sidat (Anguilla bicolor) merupakan komoditas ekspor yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Budidaya sidat merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan konsumen. Pada budidaya intensif pemberian pakan buatan sangat diperlukan. Pakan buatan juga dapat melengkapi penyediaan nutrisi yang tidak terdapat dalam pakan alami. Pakan yang memenuhi kebutuhan gizi dapat berpengaruh terhadap kecepatan pertumbuhan. Perbaikan formulasi pakan buatan terus dilakukan dengan berbagai manipulasi guna meningkatkan kualitas pakan buatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan kelulushidupan ikan sidat dengan pakan buatan berupa pelet ikan, jangkrik kalung (Gryllus testaceus) dan ganggang merah (Gracilaria foliifera) serta menentukan proporsi pakan buatan yang optimum. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu variasi proporsi pakan buatan berupa pelet ikan : jangkrik kalung : ganggang merah dengan perbandingan sebesar P1 = 100% : 0% : 0%, P2 = 75% : 20% : 5%, P3 = 50% : 45% : 5%, P4 = 25% : 70% : 5%. Ikan sidat yang digunakan adalah ikan sidat fase elver dengan panjang 20-27 cm, berat 15-20 gram dan umur 5 bulan. Sidat dipelihara dalam akuarium selama 3 bulan. Pakan diberikantiga kali sehari yaitu pada pukul 08:00, 13:00 dan 18:00. Data yang dikoleksi adalah data pertumbuhan yang meliputi pengukuran panjang dan berat yang diukur seminggu sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan sidat yang diberi pakan buatan berupa 50% pelet ikan, 45% jangkrik kalung dan 5% ganggang merah menghasilkan pertambahan panjang terbaik yaitu sebesar 11.333 ± 0.1653 cm, pertambahan berat terbaik yaitu sebesar 21.200 ± 0.4880 gram. Tingkat kelulushidupan untuk semua perlakuan yaitu 100%. Kata kunci: Ikan Sidat, Jangkrik kalung, Ganggang merah, Pertumbuhan, Kelulus-hidupan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 20:40
    Last Modified: 06 Oct 2015 20:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20750

    Actions (login required)

    View Item