PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI FISHBONE DIAGRAM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN KEMAMPUAN MENGANALISIS (Penelitian Pengembangan di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014)

PRASASTI, PINKAN AMITA TRI (2014) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI FISHBONE DIAGRAM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MEMBERDAYAKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN KEMAMPUAN MENGANALISIS (Penelitian Pengembangan di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (70Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui produk modul pembelajaran berbasis PBL disertai Fishbone Diagram (FD) untuk memberdayakan KPS dan Kemampuan Menganalisis siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014; 2) mengetahui kelayakan produk modul pembelajaran berbasis PBL disertai FD untuk memberdayakan KPS dan kemampuan menganalisis siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014; 3) mengetahui efektifitas produk modul pembelajaran berbasis PBL disertai FD untuk memberdayakan KPS dan kemampuan menganalisis siswa kelas X SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Resarch and Development atau disebut dengan penelitian R&D yang mengacu pada Borg & Gall yang sudah dimodifikasi. Sampel penelitian pengembangan meliputi: 1) sampel uji coba lapangan awal sejumlah 6 validator; 2) sampel uji coba lapangan utama sejumlah 10 siswa, dan sampel uji coba lapangan operasional sejumlah 36 siswa. Instrument yang digunakan adalah angket, lembar observasi, wawancara dan tes.Uji coba lapangan operasional menggunakan one group pretest-posstest design. Data KPS dan kemampuan menganalisis diuji dengan uji Wilcoxon dan dihitung dengan Ngain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) pengembangan modul berbasis PBL disertai FD menggunakan model pengembangan Borg & Gall melalui tahapan research and information collecting, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revisison, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product revision dan dissemination and implementation; 2) kelayakan modul berbasis PBL disertai Fishbone Diagram yang dikembangkan pada uji coba ahli menunjukkan kategori baik dengan nilai 3,43, oleh praktisi menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai 3,8, dan oleh siswa menunjukkan kategori baik dengan nilai 3,41; 3) efektivitas modul berbasis PBL disertai FD menunjukkan peningkatan dengan kategori tinggi dalam memberdayakan KPS dengan perolehan Ngain 0.70 serta hasil signifikansi sebesar p=0,000 dan kemampuan menganlisis dengan perolehanNgain 0,71 serta hasil signifikansi sebesar p=0,000. Kata Kunci: Problem Based learning (PBL), Fishbone Diagram (FD), penelitian pengembangan, Keterampilan Proses Sains (KPS), Kemampuan Menganalisis

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 07:52
    Last Modified: 06 Oct 2015 07:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20738

    Actions (login required)

    View Item