PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SALINGTEMAS MATERI CAHAYA DAN MATA DENGAN TEMA CAHAYA DAN MANFAATNYA

Yannurdanti, Phytagoreni (2013) PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI PENGGUNAAN MODUL BERBASIS SALINGTEMAS MATERI CAHAYA DAN MATA DENGAN TEMA CAHAYA DAN MANFAATNYA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (648Kb) | Preview

    Abstract

    Teknologi berkembang dari aplikasi sains dan sebaliknya kemajuan teknologi yang diaplikasikan pada sains menyebabkan sains berkembang lebih lanjut. Pembelajaran sains menjadi lebih bermakna apabila disajikan dengan memperhatikan aplikasi sains dan teknologi dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul IPA Terpadu berbasis salingtemas (sains, teknologi, lingkungan, masyarakat) dengan tema cahaya dan manfaatnya dan mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R and D) modul IPA terpadu dengan model 4D yang dikembangkan Thiagarajan, meliputi define, design, develop, dan disseminate. Pembuatan modul didasarkan pada literatur buku-buku yang relevan, masukan ahli, guru dan siswa sebagai praktisi pendidikan. Modul divalidasi oleh dosen ahli, guru IPA dan teman sejawat. Validasi modul mencakup penilaian materi, media, silabus, dan RPP. Hasil validasi modul diperoleh nilai materi 3,73 dan media 3,66 dengan kriteria sangat baik, silabus dan RPP dinyatakan layak digunakan. Modul setelah divalidasi diujikan pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kebakkramat. Hasil penilaian prestasi belajar diperoleh dengan membandingkan nilai pretes dan postes menggunakan desain analisis one group pretest posttest diperoleh data yang homogen tetapi tidak normal sehingga digunakan uji non parametrik dengan uji Wilcoxon, diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak, jadi ada perbedaan antara nilai pretes dan postes dengan rata-rata pretes adalah 56,41 lebih rendah dari rata-rata postes 84,84, sehingga disimpulkan bahwa modul efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penyebaran modul pada pertemuan MGMP Pokja 1 Karanganyar Bagian Barat diperoleh rata-rata nilai 3,14 dengan kriteria sangat baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa modul IPA Terpadu ini layak digunakan. Kata kunci : modul, IPA terpadu, model webbed, salingtemas, cahaya

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 06 Oct 2015 07:52
    Last Modified: 06 Oct 2015 07:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20737

    Actions (login required)

    View Item