IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA N I BOYOLALI

SUMIYATI, (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA N I BOYOLALI. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (184Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil, dan faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan studi kasus tunggal. Sumber data yang digunakan penelitian ini adalah informan, tempat dan peristiwa, dan arsip atau dokumen. Teknik sampling yang digunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data diperoleh dengan menggunakan metode trianggulasi yakni: trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perencanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013 melibatkan pihak sekolah dan keluarga peserta didik; 2) pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013 terintegrasi dalam kegiatan akademis, non akademis, dan gerakan sosial; 3) hasil pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan melalui Program Adiwiyata, perbaikan perilaku siswa, dan keunggulan prestasi belajar peserta didik; 4) faktor pendukung pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn dalam Kurikulum 2013 berasal dari sarana prasarana, guru dan orang tua peserta didik, SKL kurikulum 2013, kesiapan peserta didik secara fisik dan mental; sedangkan faktor penghambat mencakup kurangnya waktu untuk memonitor kegiatan, lingkungan yang tidak kondusif, pemerataan buku pelajaran kurikulum 2013, dan penggunaan sarana prasarana yang kurang optimal. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Mata Pelajaran PPKn, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 06:04
    Last Modified: 06 Oct 2015 06:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20736

    Actions (login required)

    View Item