PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERAN PEMBIMBING, METODE BIMBINGAN DAN MOTIVASI TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK LABORATORIUM KEPERAWATAN STIKES ABI SURABAYA

HERNAWATI, SUMI (2015) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERAN PEMBIMBING, METODE BIMBINGAN DAN MOTIVASI TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PRAKTIK LABORATORIUM KEPERAWATAN STIKES ABI SURABAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Pencapaian kompetensi praktik laboratorium membutuhkan peran pembimbing laboratorium yang mampu membimbing peserta didik, pakar dalam bidangnya dan juga mempunyai kemampuan sebagai pembimbing laboratorium yang mampu memberi stimulasi, dorongan, bimbingan dan fasilitas. Pencapaian kompetensi praktik laboratorium dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya peran pembimbing, metode bimbingan, dan terutama adalah motivasi dari mahasiswa didikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa tentang peran pembimbing laboratorium, metode bimbingan, dan motivasi terhadap pencapaian kompetensi praktik laboratorium pada mahasiswa keperawatan. Metode dan Subyek : Penelitian ini adalah penelitian analitik eksperimental dengan pendekatan Randomize Control Trial (RCT). Populasi sasaran penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Prodi S1 Keperawatan yang berjumlah 51 mahasiswa. Variabel Independen persepsi mahasiswa tentang peran pembimbing laboratorium, metode bimbingan, motivasi. Variabel dependen, pencapaian kompetensi praktik laboratorium keperawatan. Pengolahan data menggunakan regresi linier ganda. Hasil : Ada pengaruh antara peran pembimbing (b=0.15;CI=95%=-.09 hinga 0.40; p = 0.224) metode bimbingan (b=3.51;CI=95%=1.33 hingga 5.68; p =0.002), motivasi (b=0.37;CI=95%=0.01 hingga 0.72; p =0.039), terhadap pencapaian kompetensi praktik laboratorium Kesimpulan : Ada pengaruh yang positif dan secara statistik signifikan antara motivasi terhadap pencapaian kompetensi praktik laboratorium. Kata Kunci : Peran Pembimbing, Metode Bimbingan, Motivasi, Kompetensi Praktik Laboratorium.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 05:56
    Last Modified: 06 Oct 2015 05:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20735

    Actions (login required)

    View Item