HUBUNGAN CLINICAL REASONING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IV MAHASISWA SEMESTER V PRODI DIII KEBIDANAN STIKES ABI SURABAYA

WIDIASTUTIK, SULENTI (2015) HUBUNGAN CLINICAL REASONING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IV MAHASISWA SEMESTER V PRODI DIII KEBIDANAN STIKES ABI SURABAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (49Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang : Clinical reasoning merupakan dasar yang fundamental sebagai seorang health care profesional terutama tenaga kesehatan untuk mengambil keputusan klinis.Untuk menyiapkan bidan yang tanggap dibutuhkan bidan yang mampu berpikir kritis yang dapat dihasilkan oleh sistem pendidikan tinggi yang berkualitas. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan clinical reasoning dengan prestasi belajar, mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar, mengetahui hubungan clinical reasoning dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Asuhan Kebidanan IV Mahasiswa Semester V Prodi DIII Kebidanan STIKES ABI Surabaya. Metode Penelitian : Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional (belah lintang). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling diperoleh jumlah sampel 40 responden mahasiswa semester V di STIKES ABI Surabaya. Teknik analisis data adalah regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil Penelitian : Terdapat hubungan clinical reasoning dengan prestasi belajar sebesar ( b = 1,14, CI 95 % antara 0,38 sampai dengan 1,90; p = 0,004), terdapat hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar sebesar ( b = 0,71, CI 95 % antara 0,45 sampai dengan 0,97; p < 0,001), sedangkan hasil analisis dengan linier ganda didapatkan bahwa clinical reasoning dan kemandirian belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar sebesar R=73,5% (p < 0,001). Simpulan : 1) Terdapat hubungan yang signifikan clinical reasoning dengan prestasi belajar, 2) Terdapat hubungan yang signifikan kemandirian belajar dengan prestasi belajar, 3) Terdapat hubungan yang signifikan clinical reasoning dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Clinical Reasoning, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 05:06
    Last Modified: 06 Oct 2015 05:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20726

    Actions (login required)

    View Item