HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU DAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIII SMP N 1 KUDUS

SULASTRI, (2015) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA PADA KOMPETENSI PROFESSIONAL GURU DAN KECERDASAN INTELEKTUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS VIII SMP N 1 KUDUS. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (420Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus. (2) Hubungan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus. (3) Hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa SMPN 1 Kab Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Berdasarkan analisis dan pembahasan uji hipotesis dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus, dengan nilai rx1y sebesar 0,768 (p < 0,05) sehingga hipotesis penelitian diterima. Sumbangan efektif persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus sebesar 21,2%. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus, dengan nilai rx2y sebesar 0,837 (p < 0,05) sehingga hipotesis penelitian diterima. Sumbangan efektif kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus sebesar 51,7%. (3) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan kecerdasan intelektual secara silmultan mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus, dengan nilai Ry12 sebesar 0,854 (p<0,05), sehingga hipotesis penelitian diterima. Besarnya sumbangan efektif ketiga variabel bebas terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 1 Kudus adalah 72,9% dan sisanya 27,1% dipengaruhi oleh variabel lain selain ketiga variabel bebas tersebut. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kompetensi Profesional Guru, Kecerdasan Intelektual, Prestasi Belajar, Bahasa Inggris.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 04:58
    Last Modified: 06 Oct 2015 04:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20724

    Actions (login required)

    View Item