PROSES INTEGRASI SIKAP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VII SMP AL AZHAR SYIFA BUDI SOLO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)

SULAIMAN, (2015) PROSES INTEGRASI SIKAP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS PADA PROSES PEMBELAJARAN KELAS VII SMP AL AZHAR SYIFA BUDI SOLO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2013/2014). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1172Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses integrasi dan penilaian sikap yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus, yaitu mempelajari secara mendalam proses integrasi dan penilaian sikap yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran matematika berdasarkan Kurikulum 2013. Subjek utama penelitian ini adalah satu orang guru matematika dibantu tiga orang siswa kelas VII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo. Data proses integrasi sikap berupa kegiatan dalam pembelajaran matematika yang didukung dengan pernyataan dari hasil wawancara terhadap guru dan siswa. Proses analisis data dimulai dengan mengkaji seluruh data yang tersedia dari rekaman kegiatan pembelajaran yang telah ditranskripsikan. Transkripsi hasil rekaman tersebut direduksi dengan cara mengkategorikan data ke dalam dua kategori yaitu data proses integrasi sikap keingintahuan dan tangggung jawab. Selanjutnya kategori tersebut dibedakan antara kegiatan pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Penarikan kesimpulan diperoleh dari hasil penyajian data yang sebelumnya dikonfirmasi terlebih dahulu dengan melakukan wawancara terhadap guru dan siswa. Informasi tentang proses penilaian sikap berupa kegiatan mengumpulkan informasi/bukti terhadap sikap siswa yang dilakukan oleh guru. Data tersebut diperoleh dari hasil transkripsi rekaman kegiatan pembelajaran dan wawancara dengan guru. Hasil transkripsi tersebut selanjutnya direduksi untuk memperoleh informasi terkait kegiatan yang dilakukan guru dalam melakukan penilaian sikap siswa. Teknik validitas data proses integrasi dan penilaian sikap yang digunakan adalah meningkatkan ketekunan dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses integrasi sikap dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo yang berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai berikut. (a) Proses integrasi sikap keingintahuan pada kegiatan pembelajaran mengamati, guru meminta siswa untuk mengamati objek atau fenomena dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik dalam matematika. Pada kegiatan pembelajaran menanya, guru mengajukan pertanyaan serta memberi kesempatan siswa untuk bertanya sesuai materi yang dipelajari. Ketika kegiatan pembelajaran mengumpulkan informasi, siswa diminta membaca buku dan mendiskusikan, membahas dan menjelaskan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi. Pada kegiatan pembelajaran mengasosiasi, guru meminta siswa menganalisis, mengaitkan dan mendefinisikan secara lebih rinci materi yang ada. Selanjutnya, ketika kegiatan pembelajaran mengomunikasikan, guru membantu siswa melakukan resume secara lengkap dan komprehensif dari konsep yang telah dipahami/dipelajari. (b) Proses integrasi sikap tanggung jawab pada kegiatan pembelajaran mengamati, guru meminta siswa untuk mengamati objek atau fenomena dalam lingkungan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik dalam matematika. Pada kegiatan pembelajaran menanya, guru memberikan pertanyaan yang relevan kepada siswa untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamatinya. Ketika kegiatan pembelajaran mengumpulkan informasi, guru dan siswa mendiskusikan suatu konsep dan guru memberikan siswa masalah yang berkaitan dengan materi. Pada kegiatan pembelajaran mengomunikasikan, guru meminta siswa melakukan resume secara lengkap dan komprehensif dari konsep yang dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya. 2) Proses penilaian sikap yang dilakukan guru dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Al Azhar Syifa Budi Solo sebagai berikut. Proses penilaian sikap keingintahuan dilakukan guru ketika siswa melakukan kegiatan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi. Proses penilaian sikap tanggung jawab dilakukan guru ketika siswa melakukan kegiatan menyelesaikan masalah dan ketika siswa menyampaikan hasil jawaban/diskusinya di depan kelas. Penilaian dilakukan guru dengan menghampiri setiap siswa untuk mengamati apa yang dilakukan dan memeriksa pekerjaanya. Penilaian sikap keingintahuan dan tanggung jawab tersebut dilakukan guru dengan memberi tanda centang pada lembar pengamatan sikap. Kata Kunci: proses integrasi sikap, proses penilaian sikap, keingintahuan, tanggung jawab, Kurikulum 2013

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 04:46
    Last Modified: 06 Oct 2015 04:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20721

    Actions (login required)

    View Item