PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA ANAK KELOMPOK A TK SIWI PENI XI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

PRATIWI, SUL INDAH (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA ANAK KELOMPOK A TK SIWI PENI XI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (800Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan Whole Language pada anak kelompok A TK Siwi Peni XI tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta yang berjumlah 9 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah diadakan tindakan kelas melalui pendekatan Whole Language. Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan anak dari sebelum dan sesudah tindakan. Peningkatan terjadi pada kondisi awal 22,22% ke siklus I pertemuan ke 1 33,33% dan pertemuan ke 2 55,55%, walaupun belum sesuai dengan yang ditargetkan 80%. Pelaksanaan pada siklus II pertemuan ke 1 66,66% dan pertemuan ke 2 88,88%. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran melalui pendekatan Whole Language dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, sehingga mendukung suatu pelajaran yang berkualitas. Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan Whole Language dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Siwi Peni XI Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, pendekatan Whole Language

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 02:00
    Last Modified: 06 Oct 2015 02:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20718

    Actions (login required)

    View Item