PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 1 KUWU KRADENAN GROBOGAN

PRAYITNO, SUKO (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 1 KUWU KRADENAN GROBOGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (125Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Perencanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan; (3) Evaluasi pendidikan karakter melalui mata pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan; (4) faktor pendukung dan kendala pelaksanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter melalui mata pelajaran PKn di SD Negeri Kuwu 1 Kradenan Grobogan dilaksanakaan dengan penuh perencanaan. Guru menyiapkan kurikulum yang berupa silabus, RPP, instrument penilaian, dan juga materi. Disamping itu guru menyiapkan perlengkapan seperti media, LCD, dan juga laptop. Model pembelajaran yang sering digunakan adalah jigsaw, dan problem based learning. Dalam perencanaan pendidikan karakter ini guru memiliki peranan paling penting dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, untuk itu diperlukan teknik-teknik atau model-model pembelajaran dalam menerapkan karakter siswa yang menarik lainnya. (2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan tercapainya tujuan pembelajaran. Media yang digunakan tidak hanya berupa benda mati tetapi juga benda hidup. Metode pembelajaran yang digunakan juga bervariasi guna menghindari rasa jenuh siswa dalam pembelajaran. (3) Evaluasi Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran PKn di SD Negeri 1 Kuwu Kradenan Grobogan melalui tahap hasil dan tahap proses. Pelaksanaan pendidikan karakter ini ternyata mampu menumbuhkan sikap positif bagi siswa tentang pengetahuan dan pentingnya isi atau makna dari pelajaran PKn khususnya. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn sangat memberikan pengaruh yang besar bagi pembentukan karakter anak. hasil tersebut dapat dilihat dari nilai KKM yang meningkat. (4) Kendala-kendala yang dihadapi kurangnya sarana prasarana, siswa yang belum mencapai KKM karena kurang sabarnya guru dalam membimbing siswa untuk memberikan nilai karakter yang positif bagi siswa, kesulitan pengembangan bahan ajar dan banyak kegiatan guru di luar. xvi Kata Kunci: pendidikan karakter. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 01:49
    Last Modified: 06 Oct 2015 01:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20715

    Actions (login required)

    View Item