Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Komunikasi Mahasiswa (Analisis Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga, Percaya Diri, Introversi, dan Harga Diri Terhadap Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiwa Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Irawatiningrum, Satya (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Komunikasi Mahasiswa (Analisis Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga, Percaya Diri, Introversi, dan Harga Diri Terhadap Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiwa Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (225Kb) | Preview

    Abstract

    Satya Irawatiningrum. NIM S 231208007. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Komunikasi Mahasiswa (Analisis Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga, Percaya Diri, Introversi, dan Harga Diri Terhadap Kecemasan Komunikasi Pada Mahasiwa Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Tesis. Pembimbing I: Prof. Drs. Totok Sarsito, SU, MA. PhD Pembimbing II: Sri Hastjarjo, S.Sos, PhD . Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari kegiatan komunikasi, karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk mempertahankan hidupnya. Kebutuhan sosial ini dapat juga dipenuhi melalui pergaulan. Adakalanya kita menemui orang-orang yang kurang percaya diri ketika berada di tengah-tengah orang lain. Kurang percaya diri ini muncul karena kurangnya kepercayaan pada kemampuan sendiri. Orang yang kurang percaya diri akan cenderung menghindari situasi komunikasi. Dalam kajian disiplin ilmu komunikasi, rasa malu atau kurang percaya diri dalam berkomunikasi dikenal sebagai kecemasan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi keluarga, percaya diri, introversi, dan harga diri terhadap kecemasan komunikasi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. Penelitian dilakukan di kampus Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, khususnya Program Studi Ilmu Komunikasi dengan mengambil seluruh populasi sebanyak 149 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan yang bersifat tertutup, yaitu jawaban pertanyaan telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi keluarga berpengaruh negatif secara signifikan dengan koefisien sebesar -0,173. Introversi berpengaruh positif secara signifikan dengan koefisien 0,344. Harga diri berpengaruh negatif secara signifikan dengan koefisien -0,156. Sedangkan percaya diri tidak berpengaruh terhadap kecemasan komunikasi. Dan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kecemasan komunikasi adalah faktor introversi. Kata kunci: pola komunikasi keluarga, percaya diri, introversi, harga diri, kecemasan komunikasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Administrasi Publik
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Oct 2015 01:47
    Last Modified: 06 Oct 2015 01:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20711

    Actions (login required)

    View Item