PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI

SUJIONO, (2015) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (122Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas X TKJ 1 SMK Pancasila 5 Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Pancasila 5 Wonogiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus mempunyai empat bagian utama yaitu; 1) perencanaan; 2) tindakan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode angket, metode wawancara, pemberian tugas dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan review informan kunci. Teknik triangulasi dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X TKJ 1 SMK Pancasila 5 Wonogiri. Suasana pembelajaran berjalan secara efektif, menyenangkan dan tidak membosankan. (2) penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas X TKJ 1 SMK Pancasila 5 Wonogiri. Pada siklus I siswa yang telah mencapai nilai batas tuntas minimal sebanyak 21 siswa (46,67%), sebelumnya saat prasiklus siswa yang mencapai nilai batas tuntas minimal sebanyak 13 siswa (35,14 %). Terjadi peningkatan (11,53 %). Nilai rata-rata pada siklus I adalah 67,20 sebelumnya saat prasiklus 64,30 terjadi peningkatan 2,90. Pada siklus II siswa yang telah mencapai nilai batas tuntas minimal sebanyak 27 siswa (60%) terjadi peningkatan sejumlah 6 siswa (13,13%). Nilai rata menulis deskripsi siswa pada siklus II adalah 69,51 terjadi peningkatan 2,31. Pada siklus III siswa yang mencapai nilai batas tuntas minimal sebanyak 35 siswa (77,78%) terjadi peningkatan sebanyak 8 siswa (17,78%). Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), keaktifan siswa, keterampilan menulis deskripsi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 01:17
    Last Modified: 06 Oct 2015 01:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20707

    Actions (login required)

    View Item