PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERAKSARA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD DAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PLAOSAN MAGETAN

Indriasari, Ratna (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BERAKSARA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD DAN MEDIA KARTU PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 PLAOSAN MAGETAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview

    Abstract

    Ratna Indriasari. S441302015. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Beraksara Jawa Dengan Menggunakan Metode Stad dan Media Kartu Pada Siswa Kelas VII A Smp Negeri 2 Plaosan Magetan. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd., II: Prof. Dr. Sumarlam, M.S. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Minat Utama Bahasa Jawa, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Penelitian dilaksanakan karena pembelajaran menulis beraksara Jawa belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis beraksara Jawa siswa dengan menggunakan metode STAD dan media kartu. (2) Meningkatkan keterampilan menulis beraksara Jawa dengan menggunakan metode STAD dan media kartu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasroom Action Recearh (CAR) yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Plaosan Magetan yang berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan kunci. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Secara rinci, hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut. Pertama, penggunaan metode STAD dan media kartu dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis beraksara Jawa. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya peningkatan kinerja guru dan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Kinerja guru pada siklus I adalah 70,45, pada siklus II yaitu 77,27. Sementara itu, kinerja siswa pada siklus I adalah 69,44 dan pada siklus II yaitu 80,55. Kedua penggunaan metode STAD dan media kartu dapat meningkatkan keterampilan menulis beraksara Jawa siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal pada siklus I sampai dengan siklus II. Pada Siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 76,15, pada siklus II yaitu 78,55. Sementara itu ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 60 %, pada siklus II mencapai 75%. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Beraksara Jawa, Metode STAD dan Media Kartu

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Oct 2015 01:02
    Last Modified: 06 Oct 2015 01:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20702

    Actions (login required)

    View Item