IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SUB MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS, JAWA TENGAH

PRAYITNO, SUGENG (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SUB MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS, JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (453Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan model cooperative learning pada sub mata pelajaran Seni Musik di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 kudus, (2) proses pembelajaran model cooperative learning pada sub mata pelajaran Seni music di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus, (3) Kendala dan cara mengatasi Implementasi model cooperative learning pada sub mata pelajaran Seni Musik di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus dan (4) Evaluasi model cooperative learning pada sub mata pelajaran Seni Musik di kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Perencanaan pembelajaran cooperative learning sub mata pelajaran Seni music kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus sudah dilakukan oleh beberapa guru namun masih terbatas pada kompetensi tertentu. Pelaksanaan pembelajaran sudah menerapkan cooperative learning namun pelaksanaan belum direncanakan dengan baik, dan masih terdapat beberapa hal yang belum sesuai dengan teori yang ada. Pelaksanaan pembelajaran dengan model cooperative learning yang dilakukan oleh guru Seni Musik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kudus, terbukti dapat menumbuhkan rasa saling membantu dan siswa dapat memahami perbedaan pendapat yang ada diantara mereka, serta meningkatkan kerja sama dalam kelas. Evaluasi dalam pembelajaran model cooperative learning dilakukan dengan menunjukkan unjuk kerja, hasil observasi yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa siswa sedang melakukan praktek seni music khususnya tentang memahami lagu dan menyanyi bersama ( berkelompok ). Evaluasi pembelajaran dilakukan secara kelompok dan individu, evaluasi kelompok dilakukan berdasarkan hasil intrepretasi dan praktek menyanyi kelompok, sedangkan evaluasi individu dilakukan dengan cara tes tertulis, tes lisan maupun penugasan. Beberapa kendala dalam pelaksanaan model cooperative learning diantaranya : (a) masih sebatas pada standart kompetensi tertentu (b) keterbatasan sarana dan prasarana yng kurang mendukung (c) keterbatasan waktu yang mesti harus dikurangi dengan kegiatan menata ruang untuk membentuk kelompok (d) ketidak merataan prestasi akademik siswa yang terkadang hal ini mengganggu iklim kerja kelompok, (e) harus ada penjelasan yang rinci tentang tata cara pelaksanaan pembelajaran dan topic yang jelas. Untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan sarana prasarana dan waktu, guru melakukan koordinasi dengan guru lain terutama guru sebelum atau sesudahnya, sehingga dapat xi menghemat waktu untuk membentuk kelompok dan menyusun tempat, akan lebih baik lagi jika semua guru pada hari tersebut melakukan pembelajaran yang sama. Kata kunci :Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, dan kendala pembelajaran kooperatif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 06 Oct 2015 00:28
    Last Modified: 06 Oct 2015 00:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20695

    Actions (login required)

    View Item