ANALISA PEMILIHAN MATERIAL BANGUNAN DALAM MEWUJUDKAN GREEN BUILDING (STUDI KASUS: GEDUNG KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA SOLO)

Dianita, Ratna (2014) ANALISA PEMILIHAN MATERIAL BANGUNAN DALAM MEWUJUDKAN GREEN BUILDING (STUDI KASUS: GEDUNG KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA SOLO). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (469Kb) | Preview

    Abstract

    Ratna Dianita. ANALISA PEMILIHAN MATERIAL BANGUNAN DALAM MEWUJUDKAN GREEN BUILDING (STUDI KASUS: GEDUNG KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA SOLO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2013. Tujuan penelitian ini adalah (1). Mengetahui jenis-jenis material bangunan yang digunakan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya. (2). Mengetahui apakah material-material bangunan yang digunakan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya, sudah sesuai standar material ramah lingkungan atau belum. (3). Mengetahui kelebihan dan kekurangan materialmaterial bangunan yang digunakan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya. (4). Mengetahui apa saja dampak penggunaan material-material bangunan yang digunakan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, dokumen, dan lokasi penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles & Huberman. Hasil penelitian Analisa Pemilihan Material Bangunan Dalam Mewujudkan Green Building (Studi Kasus: Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo antara lain (1). Ditinjau dari segi arsitekturnya, jenis-jenis material bangunan yang digunakan pada gedung KPwBI Solo, meliputi: a). Sebagai penutup lantai, gedung KPwBI Solo menggunakan material-material bangunan antara lain: Keramik, Keramik Heavy Duty, Homogeneous Tile, Marmer, Granit, Parquette, dan Andhesit. b). Untuk dindingnya, gedung KPwBI Solo menggunakan material-material bangunan antara lain: Homogeneous Tile, Kaca, Marmer, Granit, Batu Candi dan Panel Kayu. c). Untuk plafondnya, gedung KPwBI Solo menggunakan Gypsum Board, Accoustic Tile, dan Gypsum Water Resistant. (2). Material-material bangunan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya, sudah memenuhi standar material ramah lingkungan. (3). Kelebihan dan kekurangan masing-masing material merupakan salah satu aspek yang menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan material-material bangunan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya. (4). Penggunaan material-material bangunan pada gedung KPwBI Solo ditinjau dari segi arsitekturnya, memberikan dampak positif terkait dengan penghematan energi, penghematan sumber daya alam, penghematan air, kesehatan lingkungan dan pengguna gedung, serta kenyamanan pengguna gedungnya. Kata Kunci: green building, material ramah lingkungan, pemilihan material, dampak material

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 06 Oct 2015 00:33
    Last Modified: 06 Oct 2015 00:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20692

    Actions (login required)

    View Item