PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PAHLAWAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (STUDI KASUS PADA SD DI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA)

SUBARYONO, (2015) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PAHLAWAN DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (STUDI KASUS PADA SD DI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (361Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambar pahlawan nasional yang digunakan dalam pembelajaran IPS sejarah. Proses pembelajaran sejarah dengan menggunakan media gambar pahlawan nasional, alasan gambar pahlawan nasional digunakan sebagai media pembelajaran sejarah, bagaimana dampak penggunaan media gambar pahlawan bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan terhadap Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga, sekolah dasar yaitu SD Negeri 2 Tajug, diasumsikan dapat mewakili sebaran SDN se-Kecamatan Karangmoncol. Sejalan dengan rumusan masalah, penelitian ini merupakan penelitian dasar deskriptif kualitatif dengan harapan dapat mengungkapkan data yang lebih menekankan pada fenomena-fenomena penelitian berkaitan dengan penggunaan media Gambar Pahlawan pada pembelajaran sejarah di SD. Mengikuti arah penelitian kualitatif, model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif. Pokok-pokok temuan penelitian ini ialah : (1) Gambar Pahlawan Nasional yang dipakai dalam pembelajaran sejarah di SD jumlahnya sangat sedikit, sehingga siswa kurang mengenal gambar pahlawan yang jumlahnya telah ditetapkan oleh Pemerintah sebanyak 140 pahlawan nasional; (2) Media pembelajaran sejarah ini belum dipergunakan secara maksimal, keberadaannya hanya bersifat sebagai data pendukung uraian, belum sampai pada bentuk penerapan metode belajar dengan metode pemahaman gambar. Guru tidak memposisikan media ini sebagai media yang representative untuk membentuk sikap-sikap yang luhur sesuai apa yang menjadi tujuan pembelajaran sejarah; (3) Dengan pembelajaran menggunakan media gambar pahlawan nasional daya ingat siswa lebih kuat, mudah mengingat terjadinya suatu peristiwa sejarah di suatu tempat karena dihadapkan dengan figure walaupun dalam bentuk gambar. Disamping itu guru mampu menunjuk data yang objektif dan benar dengan adanya suatu pahlawan sebagai pelaku sejarah. Gambar Pahlawan sebagai media yang representative untuk mengenal tokoh pejuang, berfungsi meningkatkan motivasi dan mempermudah penerimaan siswa. Dalam mengikuti pelajaran, memahami konsep materi serta mengoptimalkan kegiatan belajar. Pembelajaran sejarah dengan menggunakan media Gambar Pahlawan menjadikan pembelajaran berlangsung lebih hidup karena dapat dilakukan dengan lebih bervariatif dan tidak menjenuhkan, penyampaian materi yang bersifat verbal terkurangi, sehingga antusias siswa terhadap pembelajaran sejarah lebih tinggi, karena materi yang disajikan dengan gambar lebih menarik. Atas dasar hal tersebut, pembelajaran sejarah harus diubah kearah pemahaman gambar, sehingga pemahaman siswa terhadap nilai-nilai perjuangan para pahlawan lebih mendalam. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Gambar Pahlawan Nasional sebagai Pembelajaran IPS sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Mohamad Ghulam Hirbatul Azis
    Date Deposited: 05 Oct 2015 23:41
    Last Modified: 05 Oct 2015 23:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/20683

    Actions (login required)

    View Item